test

News

Jumat, 16 Desember 2022 12:02 WIB

Korlantas Polri Susun Strategi Pengamanan Operasi Lilin Selama Nataru

Editor: Hadi Ismanto

Korlantas Polri menggelar tactical floor game untuk menyusun strategi yang akan diterapkan pada pengamanan Operasi Lilin 2022. (Foto: PMJ News/Dok NTMC Polri)

PMJ NEWS - Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi memimpin kegiatan tactical floor game (TFG) untuk menyusun strategi yang akan diterapkan pada pelaksanaan pengamanan operasi lilin menjelang Natal dan Tahun Baru, Kamis (15/12/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan TFG ini kakorlantas didampingi Direktorat Jendral Perhubungan Darat Irjen Pol Hendro Sugianto dan Staf Kapolri bidang Operasi Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan dihadiri Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit

Kemudian Dirut Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono, Direktur Persevasi Binamarga Ahmad Cahyadi, Direktur Comercial Asdp M. Yusuf Hadi, serta Pejabat Utama Korlantas Polri hingga Direktur Lalu Lintas Polda Banten, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Timur, dan Polda Jawa Tengah.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana dan prasarana, serta penyamaan persepsi antar wilayah polda dengan mengedepankan sinergritas dan kolaborasi hingga kegiatan pengamanan operasi lilin 2022 berjalan dengan optimal," jelas Firman Shantyabudi dikutip dari laman NTMC Polri, Jumat (16/12/2022).

Firman juga mengatakan, kegiatan TFG ini sangat penting dilakukan guna mengetahui cara bertindak dan manajemen lalu lintas dalam memantapkan kesiapan para unsur yang terlibat dalam rangka operasi lilin 2022, yang akan mulai dilaksanakan pada 23 Desember 2022.

"Sehingga korlantas dan jajaran diharapkan dapat melaksanakan manajemen lalu lintas untuk menangani kamseltibcarlantas yang dikendalikan melalui K3I,NTMC, RTMC, maupun TMC dengan memantau titik-titik lokasi pada satu kawasan maupun jalur antar moda transportasi," tuturnya.

Korlantas dan jajaran akan terus memonitor situasi dan kondisi tingkat kepadatan arus lalu lintas, pihaknya juga akan melakukan langkah-langkah manajemen prioritas, rekayasa lalu lintas dan manajemen emergency.

"Pola penanganan lalu lintas pada operasi Lilin 2022 dapat berupa diskresi kepolisian dengan dilakukan rekayasa lalu lintas terbatas, pengalihan arus lalu lintas, buka tutup, contra flow satu lajur dua lajur, bahkan one way, namun kita harapkan sangat situasional," terangnya.

Kakorlantas Polri berharap seluruh jajaran dan stakeholeder siap dan dapat implementasikan seluruh rencana dengan tetap melihat dinamika dilapangan agar terlaksana dengan baik.

BERITA TERKAIT