test

News

Selasa, 13 Desember 2022 17:42 WIB

Polda Metro Jaya Pastikan ETLE Mobile Bakal Dioperasikan di Jalan Tol

Editor: Hadi Ismanto

Ditlantas Polda Metro Jaya meluncurkan kamera ETLE Mobile. (Foto: PMJ News/Fajar)

PMJ NEWS - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya memastikan kamera electronic traffic law enforcemet (ETLE) mobile juga akan dioperasikan di ruas jalan tol.

"Semuanya, seluruh jalur (akan dipantau kamera ETLE mobile)," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman kepada wartawan, Selasa (13/12/2022).

Lebih lanjut Latif menjelaskan, saat ini baru ada sebelas unit ETLE mobile yang dipasang di kendaraan patroli polisi lalu lintas (polantas) di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Menurut Latif, tidak ada jam pasti patroli ETLE mobile beroperasi. Dia menyebut pihaknya bakal keliling ruas jalan pada rentang waktu yang dinilai berpotensi menimbulkan kepadatan dan pelanggaran lalu lintas.

"Kalau penindakan ini sesuai dengan karakteristik daripada wilayah. Misalnya wilayah itu sering terjadi pelanggaran ya itu akan kita hajar terus bolak-balik," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya meluncurkan 11 kendaraan tilang elektronik atau ETLE mobile dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-73 yang rencananya akan digunakan untuk penindakan para pelanggar lalu lintas di wilayah Polda Metro Jaya.

Acara peluncuran tersebut turut dihadiri Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto, serta pihak perwakilan Gubernur DKI Jakarta yakni Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Fadil mengatakan, dalam acara tersebut diluncurkan tiga aplikasi, yakni ETLE Mobile, info Laka Lantas, dan Police Smart.

Peluncuran tersebut sebagai tindak lanjut dari perintah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam berbagai bentuk transformasi pelayanan dan operasional untuk meraih kembali kepercayaan publik dan masyarakat.

"Ini adalah bagian dari perintah Bapak Kapolri untuk terus melakukan transformasi pelayanan, transformasi operasional, transformasi sumber daya manusia guna mencapai Polri yang dipercaya oleh publik, meraih kembali kepercayaan masyarakat,” ujar Fadil di Mapolda Metro Jaya.

"Inovasi-inovasi ini tentunya objektif, transparan, responsible, humanis,” tambahnya.

BERITA TERKAIT