test

News

Minggu, 13 November 2022 09:09 WIB

Polisi: Tilang Elektronik Ini untuk Mengajak Kedewasaan

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman beri keterangan. (Foto: PMJ/NTMC Polri).

PMJ NEWS -  Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman menilai kehadiran tilang elektronik dalam penindakan pelanggar lalu lintas merupakan bentuk ajakan bersikap dewasa dalam berkendara.

Terkait dengan ditemukannya pengendara yang menutupi plat nomor kendaraannya dengan lakban, Latif mengatakan bahwa hal tersebut sudah diniatkan untuk melanggar.

“Adanya tilang elektronik ini untuk mengajak kedewasaan kita. Sengaja menutupi plat nomernya itu berarti sengaja mau melanggar. Nah ini tentunya sangat membahayakan,” ujar Latif saat dihubungi, Sabtu (12/11/2022).

“Tapi sebetulnya ini menandakan masyarakat kurang sadar. Sebetulnya kalau masyarakat sudah tertib, ya nggak perlu ditutupin segala,” tambahnya.

Latif menambahkan, fenomena yang terjadi di masyarakat yakni banyak yang berusaha menghindari tertangkapnya mereka dari pelanggaran lalu lintas yang dilakukan melalui plat nomernya.

“Memang fenomena yang terjadi karena masyarakat tahu bahwa kita sekarang penindakan menggunakan tilang elektronik, dimana tilang elektronik itu yang dicapture adalah pelanggarannya dan plat nomernya. Sehingga mereka berusaha untuk menghindar,” paparnya.

“Ini yang menjadi pembelajaran buat kita semua, kalau mereka tertib ya tidak ada masalah,” tandasnya.

BERITA TERKAIT