test

News

Sabtu, 22 Oktober 2022 09:33 WIB

Menko PMK Sebut 80 Persen Kandungan Bahan Baku Obat Diimpor

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Fajar Ramadhan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (Foto: Dokumentasi Kemenko PMK)

PMJ NEWS -  Pemerintah melalui tiga kementerian akan berkoordinasi sebagai tindak lanjut dari maraknya kasus gagal ginjal akut. Kementerian PMK, Perdagangan, dan Perindustrian akan melakukan penanganan dari sektor produksi dan peredaran obat-obatan.

Menko PMK Muhadjir Effendy menyebutkan, 80 persen kandungan bahan baku obat yang diproduksi di Indonesia masih impor.

“Nanti akan kita lihat mulai dari bagaimana alur dan jenis dari bahan baku yang masuk ke Indonesia, karena memang 80 persen kandungan bahan baku obat kita kan masih impor,” ujar Muhadjir kepada wartawan, Jumat (21/10/2022).

Lebih lanjut, bahan baku yang diimpor melalui perizinan Kementerian Perdagangan akan diproduksi di Indonesia, sehingga Kementerian Perindustrian akan disertakan dalam penyelesaian kasus tersebut.

“Karena itu nanti (bahan baku impor) kemudian diproduksi di Indonesia, maka Kementerian Perindustrian juga ikut harus kita ajak bicara, harus kita ajak bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah ini,” jelasnya.

BERITA TERKAIT