test

News

Jumat, 21 Oktober 2022 07:17 WIB

Menko PMK: Kasus Ginjal Akut pada Anak Harus Ditangani Serius

Editor: Ferro Maulana

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS -  Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menerangkan, kasus penyakit gangguan ginjal akut terhadap anak harus ditangani secara serius.

Sehingga tidak semakin banyak jumlah pasien anak yang terdampak.

Menko PMK melanjutkan, merujuk data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat ini tercatat telah mencapai sebanyak 200 orang anak usia 1-6 tahun di Tanah Air yang diduga terjangkit penyakit gangguan ginjal tersebut.

Bahkan, dari ratusan orang anak itu lebih dari 50 persen dinyatakan sudah meninggal dunia usai sebelumnya sempat menjalani perawatan medis di rumah sakit setiap daerah, tak terkecuali Sumatera Selatan.

“Dari situ maka kita semua harus menanganinya secara serius,” ujarnya, Kamis (20/10/2022).

Masih dari keterangan Muhadjir, pemerintah melalui Kemenkes dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) saat ini tengah melakukan kajian secara komprehensif.

Adapun kajian dilakukan Pemerintah tersebut sebagai upaya mitigasi dan penanggulangan penyakit dengan nama internasionalnya disebut Acute Kidney Injury (AKI) yang sudah banyak menjangkiti banyak anak di dunia beberapa waktu terakhir.

Seperti, pemerintah terus memastikan operasional rumah sakit setiap daerah memadai, melakukan pengecekan sampel pasien yang terpapar di laboratorium di Puslitbangkes.

BERITA TERKAIT