test

News

Senin, 29 Agustus 2022 09:06 WIB

BMKG Prediksi Peningkatan Curah Hujan Sepekan Depan

Editor: Hadi Ismanto

Prakiraan cuaca BMKG. (Foto: PMJ News/Ilustrasi)

PMJ NEWS - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrim yang diprediksi terjadi dalam sepekan ke depan. Diperkirakan akan terjadi peningkatan curah hujan di separuh wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyampaikan berdasarkan monitoring akan terjadi potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia sejak 28 Agustus hingga 3 September 2022.

"Kami memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia, saat ini diindikasikan terdapat potensi signifikansi dinamika atmosfer yang dapat berdampak pada peningkatan curah hujan di beberapa wilayah," jelas Guswanto dalam keterangannya yang dikutip Senin (29/8/2022).

Berdasarkan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer menampilkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang bisa meningkatkan pola konvektifitas.

Selain itu, BMKG memperkirakan aktifnya fenomena Madden Jullian Oscilation (MJO), aktifnya Gelombang Rossby yang bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah.

"BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang 28 Agustus-3 September 2022," tuturnya.

Berikut daftar wilayah yang diprediksi mengalami cuaca ekstrim :

1. Aceh
2. Sumatra Utara
3. Sumatra Barat
4. Riau
5. Kepulauan Riau
6. Jambi
7. Bengkulu
8. Sumatra Selatan
9. Kepulauan Bangka Belitung
10. Lampung
11. Kalimantan Barat
12. Kalimantan Tengah
13. Kalimantan Timur
14. Kalimantan Utara
15. Kalimantan Selatan
16. Sulawesi Tenggara
17. Sulawesi Barat
18. Sulawesi Tengah
19. Sulawesi Selatan
20. Maluku Utara
21. Maluku
22. Papua Barat
23. Papua

BERITA TERKAIT