test

Kesehatan

Rabu, 24 Agustus 2022 10:04 WIB

Stop, Lima Kebiasaan Ini Wajib Dihindari Agar Panjang Umur

Editor: Hadi Ismanto

Menjaga kesehatan bisa menjadikan Anda hidup lebih lama. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Menjalani pola hidup sehat dan berkualitas merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang usia. Menurut catatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, harapan hidup rata-rata saat ini adalah 77 tahun.

"Kebiasaan buruk dapat mengurangi tahun dari umur kita," ujar seorang profesor kesehatan masyarakat di New Mexico State University, dr Jagdish Khubchandani.

Seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Rabu (24/8/2022), berikut lima hal yang harus segera dihentikan jika ingin memperpanjang umur sekaligus hidup sehat dan berkualitas.

1. Hindari Duduk Lama
Khubchandani mengungkapkan, saat ini banyak orang menjalani kehidupan lebih "menetap" dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Survei Penggunaan Waktu Amerika terbaru menunjukkan bahwa orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk.

Mereka biasanya makan siang di meja, bekerja dari kantor, menonton TV, menggunakan media massa dan sosial, dan rekreasi. Studi terbaru menunjukkan bahwa duduk berlebihan dalam jangka waktu lama dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih tinggi.

2. Makan Terlalu Banyak dan Tidak Sehat
Dr Khubchandani menjelaskan, makanan adalah obat, tetapi manusia juga cenderung menggunakan makanan untuk mengatasi stres, merayakan sesuatu, dan lainnya.

Asupan harian yang terlalu banyak, camilan, bertepung, dan asin, bisa mengakibatkan masalah jangka panjang seperti obesitas dan kontrol gula darah yang buruk.

Akibatnya, individu dapat menderita diabetes, penyakit jantung, gagal ginjal, dan kanker. Penyebab umum sehari-hari adalah minuman manis, keripik, dan kue.

3. Stres
Dr Khubchandani menjelaskan, stres bisa jadi salah satu kematian. "Baik stres maupun isolasi adalah silent killer,” jelasnya.

Ada individu mengalami stres setiap hari. Mereka terisolasi atau memiliki kebosanan yang terus-menerus, selalu pesimistis hingga akhirnya mengembangkan penyakit arteri koroner, diabetes, Alzheimer, dan berbagai masalah kesehatan fisik lainnya.

Setiap hari, seseorang harus memiliki rencana hidup, jadwal, teknik manajemen stres yang tergabung dalam rutinitas, cuti untuk bersosialisasi dan bertemu keluarga, teman, dan berolahraga.

4. Hindari Konsumsi Alkohol, Tembakau dan Narkoba
Tidak dimungkiri fenomena penggunaan alkohol, rokok, dan narkoba, tetap meningkat. Penggunaannya sudah pasti punya potensi kecanduan dan risiko kesehatan jangka panjang.

Saat ini, merokok tetap menjadi penyebab utama penyakit yang dapat dicegah, kecacatan, dan kematian di Amerika Serikat. Penggunaan alkohol dikaitkan dengan penyakit jantung, strok, dan kecelakaan.

Setiap kali seseorang menggunakan tembakau atau obat lain, ada gangguan pada paru-paru, jantung, dan otak. Kondisi kronis kemudian berujung pada serangan jantung, strok, dan kanker.

5. Kurang Tidur, Olahraga, dan Konsumsi Buah dan Sayuran
Dr Khubchandani menyatakan, gaya hidup dapat menjadi penyelamat atau pembunuh. CDC merekomendasikan orang dewasa tidur tujuh hingga delapan jam setiap hari.

Kemudian olahraga 150 menit setiap pekan serta konsumsi buah-buahan dan sayuran 4-5 porsi setiap hari.

BERITA TERKAIT