test

News

Senin, 22 Agustus 2022 10:50 WIB

Siklon Tropis, Cuaca Ekstrem-Gelombang Tinggi Masih Terjadi di Tanah Air

Editor: Ferro Maulana

Gelombang tinggi di perairan Indonesia. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ NEWS -  Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerangkan, potensi pembentukan siklon tropis di kawasan belahan bumi utara (bbu) Indonesia masih cukup signifikan.

Adapun potensi tersebut berlangsung sampai periode bulan November 2022.

“Sehingga dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca ekstrem dan gelombang tinggi di wilayah Indonesia masih harus diwaspadai,” terang Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto, dalam siaran persnya, Senin (22/8/2022).

Lalu, wilayah yang berpotensi terdampak terutama di wilayah Indonesia bagian utara ekuator seperti Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Kalimantan Barat, dan Sumatera Utara.

Sementara itu, sebagian wilayah Indonesia selatan ekuator misalnya Bali-Nusa Tenggara dan sebagian wilayah Jawa kondisi cuaca umumnya cerah hingga berawan dengan potensi hujan relatif kecil untuk sepekan ke depan.

Menurut Guswanto, periode sepekan ke depan, dinamika atmosfer skala regional yang meliputi fenomena gelombang atmosfer dan pola-pola tekanan rendah, masih berpotensi dalam memicu peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia

“Terutama di wilayah Sumatera bagian Tengah dan Selatan, Kalimantan Tengah, Selatan, dan Timur, serta Sulawesi Selatan,” ujarnya.

“Sedangkan sebagian wilayah Indonesia selatan ekuator seperti Bali-Nusa Tenggara dan sebagian wilayah Jawa kondisi cuaca umumnya cerah hingga berawan dengan potensi hujan relatif kecil,” jelasnya.

Guswanto juga mengimbau agar masyarakat waspada terhadap dampak cuaca yang mungkin akan terjadi akibat fenomena iklim global,” sambungnya.

BERITA TERKAIT