test

News

Senin, 8 Agustus 2022 17:35 WIB

Jokowi Kantongi Sejumlah Nama Menteri PAN-RB Pengganti Tjahjo Komulo

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo mengumumkan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 2022. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi nama-nama yang akan mengisi jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Jabatan ini kosong setelah Menteri Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung mengatakan Jokowi tentu punya hak prerogatif untuk memilih pengganti mendiang Tjahjo Kumolo. Tapi, keputusan akan diumumlan setelah mendapat masukan dari Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Tapi nanti akan dibahas Presiden dan Ibu Mega. Sehingga dalam waktu dekat ini akan segera dibahas," ujar Pramono Anung seusai mengikuti sidang kabinet paripurna di Kompleks Istana, Jakarta, Senin (8/8/2022).

Soal pembahasan Jokowi bersama Megawati, lanjut dia, hal itu sebagai sopan santun dalam kabinet. Dia menjelaskan, Jokowi biasanya mendapatkan masukan dari para ketum parpol sebelum melakukan reshuffle.

"Ya seperti biasa memang sopan santun dalam kabinet seperti itu. Jadi sebelum diputuskan Bapak Presiden, Bapak Presiden mendapatkan masukan dari ketua-ketua umum partai dan ini memang biasa dilakukan kalau ada reshuffle kabinet," tuturnya.

Pramono juga tak membeberkan nama-nama yang masuk bursa MenPAN-RB. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi. "Ya itu nama hak sepenuhnya Presiden nanti biar keluar dari Presiden," ucapnya.

BERITA TERKAIT