test

News

Selasa, 2 Agustus 2022 12:17 WIB

Polisi Ungkap, JNE Kubur Beras Bansos Karena Kondisi Rusak

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Keterangan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. (Foto: PMJ News/ Fajar)

PMJ NEWS -  Polisi melakukan pemanggilan terhadap beberapa pihak untuk menjalani pemeriksaan dalam rangka klarifikasi terkait temuan beras bantuan sosial (bansos) yang tertimbun di sebuah tanah lapang di Depok. JNE yang bekerja sama dengan pihak vendor pemengang distribusi beras bansos mengklaim beras tersebut dalam kondisi rusak akibat basah.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, PT DNR selaku pemegang distribusi beras bansos dari pemerintah kepada masyarakat untuk wilayah Depok pada tahun 2020 bekerja sama dengan jasa ekpedisi JNE untuk menyalurkan beras secara door to door.

“JNE sebagai pihak jasa kurir yang mengantar beras ke penerima yang namanya sudah ada dalam list yang dibuat oleh pemerintah,” ujar Zulpan kepada wartawan, Senin (1/8/2022).

“Beras tersebut sudah disiapkan oleh pemenang lelang yaitu PT DNR. Kemudian beras tersebut juga bisa diambil oleh JNE di gudang Bulog yang berlokasi di Pulogadung atas perintah dari PT DNR,” imbuhnya.

Suatu waktu, Zulpan menuturkan, saat pengambilan beras di gudang Bulog di Pulogadung mengalami gangguan di perjalanan akibat cuaca hujan deras sehingga beras bansos dikatakan dalam kondisi rusak.

“Menurut keterangan dari pihak JNE dikarenakan basah itu adalah akibat kesalahan operasional pihak JNE, maka mereka menggantinya dan tidak dibebankan kepada pemerintah,” papar Zulpan.

Lebih lanjut, beras yang ditimbun tersebut adalah beras yang yang dalam kondisi rusak karena basah dalam perjalanan.

“Mereka menganggap berarti itu sudah menjadi milik JNE, karena JNE telah mengganti kepada pihak pemerintah,” paparnya.

Zulpan menambahkan, pihak kepolisian akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam terkait keterangan tersebut beserta dokumen penunjang sebagai bukti atas keterangan lisan hasil pemeriksaan sebelumnya.

BERITA TERKAIT