test

News

Rabu, 27 Juli 2022 21:01 WIB

Bertemu Jokowi, PM Khisida: Jepang Bakal Ikut Latihan Perang Garuda Shield

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Presiden Jokowi bertemu Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. Dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin negara ini membahas sejumlah kerjasama seperti ekonomi, energi, hingga pertahanan

Dalam pertemuan yang berlangsung di Tokyo, Rabu (27/7/2022), Khisida menyinggung soal latihan gabungan antara tentara Angkatan Darat Jepang dengan tentara Indonesia. Latihan gabungan ini bakal diadakan dalam acara Super Garuda Shield 2022.

"Jepang akan berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam latihan multilateral Garuda Shield yang diselenggarakan di Indonesia," ujar Khisida dikutip dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Kami mengharapkan kerja sama dalam kedua negara termasuk pertukaran dalam bidang pertahanan akan berkembang lebih lanjut," sambungnya.

Sebagai informasi, latihan militer gabungan tersebut akan diadakan pada tanggal 1 Agustus 2022 mendatang. Selain Jepang, latihan ini juga melibatkan Amerika Serikat, dan Australia.

Pada kesempatan yang sama, Khisida mengatakan setelah konfetensi bersama ini dirinya bersama Jokowi akan mendiskusikan situasi di kawasan dan kerja sama Internasional.

Selain itu, keduanya akan membahas situasi agresi Rusia-Ukraina, laut Tiongkok Timur dan Selatan, kebijakan Korea Utara seperti isu nuklir rudal dan isu penculikan, serta situasi di Myanmar.

"Pembahasan kerja sama internasional antara lain pelucutan senjata dan nonproliferasi nuklir serta peningkatan fungsi PBB," ucapnya.

BERITA TERKAIT