test

News

Senin, 18 Juli 2022 12:02 WIB

Menhub Pastikan Bus Merah Putih untuk Event G-20 Selesai Tepat Waktu

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Menhub Budi Karya. (Foto PMJ/Dok Kemenhub).

PMJ NEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau proses pembuatan Bus Listrik Merah Putih (BLMP) ke PT INKA di Madiun, Jawa Timur, pada hari Minggu (17/7/2022). Peninjauan tersebut dilakukan untuk mengecek dan memastikan pengerjaanya dapat selesai tepat waktu dalam rangka mendukung penyelenggaraan event G20 pada November 2022 mendatang.

Menhub meminta untuk mempercepat proses pembuatan agar tersedianya waktu untuk melakukan perbaikan sebelum dapat digunakan.

“Kita harus perhitungkan bus ini dengan suatu standar keselamatan yang baik,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi dikutip dari keterangan resmi, Senin (18/7/2022).

Apresiasi diberikan oleh Menhub kepada Kemenristekdikti yang telah mendukung pendanaan riset yang dituangkan dalam bentuk karya yang terhilirisasi, seperti halnya pembangunan bus listrik dalam negeri.

“Saat ini kita bangun 30 bus listrik dan ke depannya akan terus bertambah,” tambahnya.

Ia juga mengapresiasi proses pengerjaan BLMP yang bekerja sama dengan Kemenristekdikti dan sejumlah perguruan tinggi, dalam penggunaan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang lebih dari 50 persen.

“Ini akan membuka ruang kerja baru bagi produk dalam negeri dan juga kesempatan bagi para akademisi di perguruan tinggi untuk melakukan riset dan inovasi, yang selama ini hanya bisa dilakukan di luar negeri,” jelasnya.

Lebih lanjut, Menhub meminta sejumlah operator BUMN seperti Damri, PT KAI, dan INKA untuk terus mendukung dan membuka kesempatan bagi dunia pendidikan untuk melakukan riset pengembangan teknologi transportasi secara lebih intensif.

“Tidak mungkin dunia industri berjalan sendiri, harus kerja sama dengan sektor pendidikan. Berikutnya kami memberikan kesempatan kepada dunia perguruan tinggi untuk turut serta dalam pengembangan transportasi kereta ringan atau LRT,” tandasnya.

BERITA TERKAIT