test

News

Minggu, 10 Juli 2022 07:00 WIB

Kapasitas 150 Ribu Jemaah, Berikut Aturan Salat Id di Masjid Istiqlal

Editor: Ferro Maulana

Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah hari ini Minggu (10/7/2022). Karena itu, Masjid Istiqlal siap menggelar Salat Idul Adha (salat Id) tingkat kenegaraan.

"Mengikuti keputusan pemerintah melalui sidang isbat mengenai pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah, Masjid Istiqlal melangsungkan Salat Idul Adha pada Ahad (Minggu), 10 Juli 2022," terang Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, dalam siaran persnya, di Jakarta.

Nasaruddin mengimbau masyarakat untuk mengikuti Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Namun, dia mengingatkan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

"Pelaksanaan Salat Idul Adha tahun ini bisa diikuti oleh jemaah secara umum dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku," tuturnya menambahkan.

Dirinya juga mengimbau umat muslim yang melangsungkan ibadah Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal untuk datang lebih pagi.

“Hal ini agar masyarakat dapat mendapatkan shaf di dalam gedung masjid,” ucapnya.

Selain itu, Nasaruddin Umar menyampaikan Masjid Istiqlal juga akan melangsungkan ibadah kurban.

Nantinya, daging kurban akan didistribusikan kepada yayasan yang sesuai data yang dimiliki.

"Insya Allah kami amanah dunia akhirat dalam mengelola dan mendistribusikan daging kurban yang sudah diberikan," kata Nasaruddin Umar.

Sementara itu, berkenaan kapasitas jemaah Salat Iduladha 1443 H di Masjid Istiqlal, Kabid Penyelenggaraan Peribadatan Bukhori Sail Attahiri menambahkan penyelenggaraannya sama seperti saat Idul Fitri 1443 H yang lalu. Artinya, Istiqlal menyiapkan kapasitas 150 ribu untuk jemaah.

 

BERITA TERKAIT