test

Kesehatan

Senin, 3 Februari 2020 10:02 WIB

Benarkah Minyak Ikan Bisa Redakan Nyeri Sendi?

Editor: Ferro Maulana

Minyak ikan ternyata bermanfaat merekan nyeri sendi (Foto: Dok Net)

PMJ - Menjelang usia 40 tahun, peradangan sendi menjadi keluhan yang sering dialami. Kondisi berbeda juga dapat menyebabkan nyeri sendi seperti asam urat, keseleo, dan cedera. Kasus nyeri sendi ringan bisa ditangani sendiri dirumah.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (3/2/2020), salah satu yang dipercaya bisa meredakan nyeri sendi adalah mengkonsumsi minyak ikan. Tapi bagaimana penjelasan medis terkait manfaat minyak ikan ini, simak penjelasannya.

1. Apa sih yang terkandung dalam minyak ikan

Minyak ikan dihasilkan dari berbagai jenis ikan seperti tuna, makarel, salmon, dan sarden. Minyak ikan dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena tinggi kandungan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega 3 merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan asupan omega-3 dari memakan ikan atau minum suplemen minyak ikan.

Dalam minyak ikan terdapat dua asam lemak tak jenuh ganda, yaitu asam dokosaheksanoat (DHA) dan ekosapentanoat (EPA). Suplemen minyak ikan juga biasanya mengandung sedikit kandungan vitamin E untuk mencegah kerusakan produk.

Beberapa produk minyak ikan juga dikombinasikan dengan kalsium, zat besi, atau vitamin A, B1, B2, B3, C, atau D dan dikemas sebagai suplemen multivitamin. Satu suplemen minyak ikan bisanya mengandung dosis 500-1000mg EPA dan DHA.

2. Apa benar minyak ikan bisa meredakan nyeri sendi

Peradangan dimulai ketika sel tubuh mengalami kerusakan dan terjadi pelepasan zat kimia tubuh. Ini sinyal bagi sistem imun untuk melawan balik. Peradangan yang menetap dan terjadi dalam waktu lama bisa merusak tubuh. Ini awal mula nyeri sendi kronis.

Berdasarkan berbagai penelitian, asam lemak omega-3 dalam bentuk DHA dan EPA dari suplemen minyak ikan dilaporkan mengurangi peradangan dalam tubuh.

DHA dan EPA akan diubah oleh tubuh menjadi resolvin, senyawa kimia antiperadangan yang memblokir aktivitas peradangan. Manfaat minyak ikan sebagai obat nyeri sendi dapat membantu mengurangi gejala nyeri dan bengkak yang muncul akibat arthritis.

Menurut The Association of UK Dietitians, mengonsumsi 2 porsi (1 porsi = 140 gram) ikan kaya omega-3 dalam seminggu baik untuk penderita nyeri sendi.

Selain pada minyak ikan, omega-3 juga terdapat pada sumber lain selain ikan, yakni dari minyak sayuran, sayuran berdaun hijau gelap, serta biji-bijian dan kacang-kacangan.(Hdi)

BERITA TERKAIT