test

Kesehatan

Minggu, 10 Desember 2023 09:06 WIB

Catat, Lima Makanan Ini Bisa Bantu Menjaga Fungsi Otak dan Daya Ingat

Editor: Hadi Ismanto

Asupan makanan tertentui dapat meningkatkan memori otak. (Foto: PMJ News/Ilustasi)

PMJ NEWS - Seiring bertambahnya usia, anggota tubuh akan itu menua dan menurun secara bertahap. Proses ini dapat mempengaruhi setiap otak secara berbeda karena setiap individu tidak sama.

Asupan tertentu diyakini bisa membantu mempertajam fokus hingga meningkatkan daya ingat, rentang perhatian, dan fungsi otak. Seseorang dapat meningkatkan peluang untuk menjaga kesehatan otak jika menambahkan makanan dan minuman pilihan ke dalam pola makannya.

Seperti dikutip dari laman Webmd, Minggu (9/12/2023), berikut daftar makanan yang bisa membantu menutrisi otak sehingga mendukung daya ingat dan konsentrasi, di antaranya:

1.Kafein
Untuk meningkatkan IQ atau membuat seseorang lebih pintar, ada zat tertentu seperti kafein yang bisa memberi energi dan membantu seseorang lebih berkonsentrasi.

Kafein memberikan sensasi bangun tidur yang nyaman, meskipun efeknya hanya bersifat jangka pendek. Tetapi konsumsinya harus moderat, sebab mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat membuat gelisah dan tidak nyaman.

2. Glukosa
Glukosa, yang diproses tubuh dari gula dan karbohidrat yang dimakan bisa memberi nutrisi pada otak. Itu sebabnya segelas jus buah dapat memberikan peningkatan jangka pendek pada daya ingat, berpikir, dan kemampuan mental.

Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, ingatan seseorang bisa saja terganggu. Kurangi konsumsi gula tambahan, karena telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan kondisi lainnya.

3. Ikan
Sumber protein yang dikaitkan dengan peningkatan kinerja otak adalah ikan. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan kunci kesehatan otak. Lemak sehat ini memiliki kekuatan otak yang luar biasa.

Pola makan dengan kadar lemak sehat yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko demensia dan strok, serta penurunan mental yang lebih lambat. Manfaat ikan juga memainkan peran penting dalam meningkatkan daya ingat, terutama seiring bertambahnya usia.

4. Kacang
Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber antioksidan vitamin E yang baik, yang dalam beberapa penelitian telah dikaitkan dengan berkurangnya penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

Nikmati kacang-kacangan dan coklat hitam hingga 28 gram atau sekitar satu setengah sendok per sehari untuk mendapatkan semua manfaat yang dibutuhkan dengan sedikit kalori, lemak, atau gula berlebih.

5. Blueberry
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari kerusakan akibat radikal bebas dan dapat mengurangi efek kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia.

BERITA TERKAIT