test

Kesehatan

Selasa, 6 Februari 2024 13:07 WIB

Dahsyat, Lima Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif Redakan Nyeri Sendi

Editor: Hadi Ismanto

Nyeri sendi menjadi keluhan yang sering timbul seiring dengan bertambahnya usia. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Nyeri sendi kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai sebab seperti arthritis, cedera, atau peradangan. Namun, sejumlah makanan ternyata aman dan bisa menjadi alternatif untuk meredakan nyeri sendi.

Meskipun makanan tidak dapat menyembuhkan secara langsung, beberapa jenis makanan dapat membantu meredakan peradangan dan gejala nyeri sendi. Untuk meredakan kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi makanan pereda nyeri sendi berbarengan dengan mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

Seperti dikutip dari laman Times of India, Selasa (6/2/2024), berikut makanan pereda nyeri sendi yang aman dikonsumsi tiap hari. Di antaranya:

1. Kunyit
Kunyit mengandung kurkumin, senyawa dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Salah satu bumbu daput ini ternyata berpotensi mengurangi peradangan, menjadikannya pilihan populer bagi mereka yang ingin mengatasi nyeri sendi.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kenari, biji rami, dan biji chia, kaya akan asam lemak omega-3 dan memiliki sifat anti inflamasi.

Memasukkan makanan ini ke dalam makanan dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan meningkatkan fungsi sendi secara keseluruhan. Selain itu, kacang-kacangan dan biji-bijian memberikan nutrisi penting seperti magnesium, yang penting untuk kesehatan tulang.

3. Biji Wijen
Biji wijen menyediakan magnesium, fosfor, dan vitamin K, mendukung pembentukan dan kepadatan tulang. Kehadiran tembaga dan seng dalam biji wijen semakin berkontribusi terhadap perkembangan dan pemeliharaan tulang.

4. Ikan Berlemak
Ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan trout, kaya akan asam lemak omega-3. Omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi nyeri dan kekakuan sendi.

Asam lemak ini penting untuk kesehatan sendi dan juga berkontribusi terhadap kesejahteraan secara keseluruhan.

5. Buah Beri
Buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry, kaya akan antioksidan yang disebut polifenol. Senyawa tersebut memiliki efek anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi.

Selain itu, buah beri kaya akan vitamin dan mineral yang berkontribusi terhadap kesehatan sendi secara keseluruhan.

BERITA TERKAIT