test

Kesehatan

Kamis, 20 Februari 2020 08:18 WIB

Waspada! Remote TV 20 Kali Lebih Banyak Mengandung Bakteri dari Toilet

Editor: Ferro Maulana

Remote TV. (Foto: Dok Net)

PMJ - Sebuah studi baru yang diberikan kepada ilmuwan ScS, telah mengungkapkan bahwa remote TV kamu ternyata bisa menjadi 20 kali lebih kotor daripada toilet rumah kamu.

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisa berbagai objek rumah tangga untuk mengetahui seberapa banyak tingkat bakteri, ragi dan jamur. Objeknya yaitu remote TV, tempat sampah, karpet kamar tidur, karpet ruang tamu, dan kursi toilet.

Bakteri yang ada di dalam remote tv. (Foto: Dok Net)

Dalam riset peneliti mengungkapkan bahwa remote TV sejauh ini merupakan benda paling kotor yang diuji, dengan tingkat bakteri dan ragi mencapai 290 unit pembentuk koloni per cm2. Sebagai perbandingan, dudukan toilet hanya menampung 12,4 unit pembentuk koloni per cm2.

“Hasil penelitian kami mengejutkan, dengan remote TV yang secara khusus ditunjukkan untuk menampung banyak bakteri, ragi, dan jamur dalam jumlah yang ekstrim,” ungkap Dale Gillespie selaku Kepala riset di ScS.

Bakteri yang ada di dalam toilet. (Foto: Dok Net)

“Remote TV sering diabaikan dibersihkan, namun telah dinyatakan sebagai salah satu item paling kotor di rumah. Sungguh mengejutkan melihat betapa kotornya remote, terutama mengingat ini adalah item yang berinteraksi dengan kebanyakan orang, dan anak-anak, setiap hari. Mulai sekarang orang-orang harus berusaha untuk memberikan pembersihan cepat secara teratur,” urainya melanjutkan.

Studi ini muncul tak lama setelah para peneliti mengungkapkan betapa kotornya jam tangan pintar. Pada penelitian tersebut, peneliti dari Tic Watches, menemukan bahwa jam tangan Fitbit bisa sampai delapan kali lebih kotor daripada toilet. (FNI/ FER)

BERITA TERKAIT