test

Kesehatan

Sabtu, 30 November 2019 09:04 WIB

Ini Penjelasan Kenapa Bakteri Dapat Bersatu untuk Melawan Antibiotik

Editor: Ferro Maulana

Bakteri. (Foto: Dok Net)

PMJ – Penelitian baru menjelaskan bagaimana bakteri dapat “bersatu” untuk melawan antibiotik, yang dapat membantu pembuatan antibiotik yang lebih efektif di masa depan.

Penulis utama studi yang dirilis di Jurnal Bacteriology, Jean-Louis Bru meneliti Pseudomonas aeruginosa, yang merupakan bakteri penyerang para penderita fibrosis kistik atau Kista fibrosis.

Kista fibrosis merupakan kondisi pernapasan turun temurun di mana paru-paru menghasilkan lebih banyak lendir dari yang seharusnya dan mengganggu pernapasan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menempatkan P. aeruginosa dalam daftar "Patogen Prioritas Sumber yang Dipercaya" - yaitu, 12 bakteri yang paling berbahaya bagi kesehatan manusia karena mereka memiliki menjadi resisten terhadap obat-obatan yang biasa digunakan dokter untuk melawan mereka.

Tim peneliti menguji efek antibiotik dan bakteriofag pada "berkerumun," yang merupakan kemampuan bakteri untuk bergerak secara kolektif. BacteriophagesTrusted Source adalah virus yang menginfeksi dan menyerang bakteri dari dalam.

Seperti memiliki kecerdasan, pencampuran antibiotik gentamisin dengan sel P. aeruginosa mengungkapkan bahwa bakteri mengirimkan “sinyal” ke bakteri sejenisnya, memperingatkan mereka akan bahaya dan memungkinkan mereka untuk menghindarinya.

"Kita dapat melihat di laboratorium bahwa bakteri hanya berenang di sekitar 'daerah berbahaya' dengan antibiotik atau bakteriofag. Ketika mereka menerima sinyal peringatan dari masing-masing, mereka dapat melihat di mikroskop bahwa mereka bergerak dalam lingkaran yang rapi," kata peneliti, mengacu pada gerakan yang berkerumun. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT