test

Kesehatan

Minggu, 1 Maret 2020 16:47 WIB

Ini Rute Keberangkatan 69 WNI Kapal Diamond dari Bandara Menuju Pulau Sebaru Kecil

Editor: Ferro Maulana

Kepala BNPB Doni Monardo. (Foto: Dok Net).

PMJ - Sekitar 69 Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah dinyatakan sehat dari Kapal Diamond Princess bakal tiba Minggu (02/03/2020) di Tanah Air. Anak Buah Kapal (ABK) kapal pesiar itu diberangkatkan dari Bandara Yokohama Minggu (01/03/2020), pukul 17.00 waktu Haneda, Jepang.

"Diperkirakan sampai di Bandar Udara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu malam sekira pukul 22.30 WIB," tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo melalui keterangan tertulisnya.

Berikutnya, menggunakan 4 (empat) bus Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) menuju Pelabuhan PLTU Indramayu, dengan perjalanan kurang lebih 2 jam. Selanjutnya, menggunakan KRI dr. Soeharso menuju Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu untuk dilakukan observasi.

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sudah mengecek kesiapan Bandara Kertajati, keamanan dan lain-lain.

"Rombongan dari BNPB, Kemenko PMK, TNI, dan Kemenkes dijadwalkan akan berangkat pukul 10.30 WIB dengan Helikopter PK-TPF ke Kertajati, dari bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta," ujarnya menambahkan.

Hasil dari Kemenkes, menurut Agus, bahwa WNI dan kru pesawat selama turun dari pesawat sampai dengan pelabuhan PLN merupakan tanggung jawab dari Kemenkes.

"WNI Diamond Princess terdiri dari 69 orang (67 pria dan 2 wanita) dan 23 pendamping (11 kru Pesawat dan 12 tim medis)," pungkasnya. (FER)

BERITA TERKAIT