test

Kesehatan

Senin, 2 Maret 2020 14:13 WIB

Pemerintah Siapkan 100 Rumah Sakit untuk Tangani Wabah Virus Corona

Editor: Ferro Maulana

Presiden Joko Widodo (Foto: Dok Net)

PMJ - Sebagai bentuk keseriusan pemerintah menangani wabah virus corona, Presiden Joko Widodo menyatakan ada lebih dari 100 rumah sakit untuk menangani wabah tersebut.

Jokowi menjelaskan sejak awal pemerintah serius mempersiapkan penanganan virus corona. “Persiapan misalnya lebih dari 100 rumah sakit yang siap dengan (ruang) isolasi mengenai virus corona dengan standar isolasi yang baik,” ujarnya di Istana Negara, Senin (02/03/2020).

Kemudian, Jokowi memastikan peralatan yang digunakan untuk mengatasi virus corona sudah mengikuti standar internasional. Dari sisi sumber daya manusia (SDM), pemerintah sudah menyiapkan tim gabungan untuk menangani virus corona.

“Kita juga memiliki anggaran, anggarannya ada dan ini juga dipriotitaskan untuk menangani ini,” sambungnya.

Pemerintah Serius Tangani Virus Corona

Masih dari keterangan Jokowi, sejak awal pemerintah serius dan terus bekerja sama dengan perwakilan WHO yang ada di Jakarta terkait penanganan wabah corona.

Ia pun menceritakan persiapan evakuasi 238 warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Wuhan. “Kita mengevakuasi juga dengan prosedur protokol yang ketat ke Natuna. Setelah 14 hari kita cek kita observasi hasilnya negatif dan kemudian kita kembalikan kepada masyarakat,” ujarnya menambahkan.

Selain itu, pemerintah juga tengah mengevakuasi 188 WNI yang ada di kapal World Dream yang berada di dekat Batam dan Singapura. Evakuasi WNI dari kapal World Dream diarahkan ke Pulau Sebaru di Kepulauan Seribu.

“Ini masih di sana kita observasi, dan setiap hari selalu kita cek yang berkaitan dengan kesehatan,” tegasnya.

Lanjut Jokowi, 69 kru kapal Diamond Princess juga dievakuasi dengan protokol ketat di Pulau Sebaru melalui Bandara Kertajati. Presiden pun menekankan keseriusan dalam menangani yang berkaitan dengan virus corona.

“Kita juga menjaga 135 pintu masuk ke negara kita baik itu darat, baik itu laut, maupun udara semuanya dijaga ketat meskipun dalam prakteknya ini tidak mudah,” tutupnya. (FER).

BERITA TERKAIT