test

Kesehatan

Kamis, 4 Agustus 2022 14:02 WIB

Cegah Wabah Monkeypox, IDI Bentuk Satgas Cacar Monyet

Editor: Ferro Maulana

Penyakit cacar monyet. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membentuk Satgas Cacar Monyet yang bertujuan mencegah penularan wabah tersebut di Tanah Air.

PB IDI memastikan, Indonesia kompeten mendeteksi cacar monyet. Sekalipun kasusnya belum ditemukan, namun kemampuan dokter dan fasilitas kesehatan tidak diragukan.

Ketua Satgas Cacar Monyet PB IDI dr Hanny Nilasari, menjelaskan pihaknya bakal membuat Satgas monkeypox atau cacar monyet hingga hepatitis akut.

Adapun Satgas itu akan berisikan anggota organisasi profesi IDI.

"Kami akan membuat Satgas yang berisikan anggota organisasi profesi IDI. Ini diharapkan dapat mengantisipasi penyakit pandemi maupun endemic. Termasuk juga penyakit hepatitis akut dan cacar monyet," tutur dr Hanny Nilasari, belum lama ini.

Nantinya pihaknya berkerjasama dengan Kementerian Kesehatan serta organisasi profesi lainnya untuk menghadapi cacar monyet.

Antara lain, berkoloborasi dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI),Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit Indonesia (PERDOSKI).

Selain itu, juga ada Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI dan Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS Patklin)

"Kami dari Satgas PB IDI akan membantu dan akan selalu berkolaborasi dengan Kemenkes tentunya terkait info dan hal-hal yang terjadi belakangan,” ucapnya.

“Ke depan kita akan berkolaborasi dengan berbagai organisasi profesi. Di sini ada enam organisasi profesi yang tentunya bisa membantu pada saat kita membutuhkan info, data kasus, dan lain sebagainya," tandasnya.

 

BERITA TERKAIT