Kesehatan

Kamis, 12 Mei 2022 10:05 WIB

4 Makanan Ini Wajib Dicoba Agar Tetap Segar Hadapi Cuaca Panas

Editor: Hadi Ismanto

Fenomena cuaca panas terik yang terjadi belakangan ini memang dirasakan berbeda dari biasanya. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Fenomena cuaca panas terik yang terjadi belakangan ini memang dirasakan berbeda dari biasanya. Sejumlah ahli menyebut kondisi ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Kendati begitu, ada upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan sejuk. Mulai dari mengonsumsi makanan tepat, perubahan gaya hidup tertentu, dapat membantu mengelola suhu tubuh kendati dalam cuaca panas sekalipun.

Seperti dilansir dari Times of India, Kamis (12/5/2022), seorang pakar makanan dan gaya hidup bernama Dr Siddhant Bhargava mengatakan beberapa makanan bisa dicoba untuk mencegah efek cuaca panas.

1. Semangka
Semangka adalah salah satu buah musiman musim panas yang paling efektif. Buah ini mengandung 91,45 persen air dan dengan demikian memenuhi kebutuhan air tubuh. Sarat dengan sifat anti-oksidan nya juga memberi efek pendinginan yang luar biasa.

2. Alpukat
Dipenuhi dengan asam lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah tinggi, alpukat membantu menghilangkan panas dan racun dari darah. Buah ini juga mudah dicerna dan tubuhtidak perlu membuat lebih banyak panas untuk mencernanya.

3. Curd
Buah curd memberikan efek pendingin pada tubuh. Hal terbaik dari curd adalah punya banyak varian. Kreasikan menjadi buttermilk atau lassi manis dengan menambahkan madu sebagai pengganti gula, paling cocok untuk musim panas.

4. Air Kelapa
Air kelapa adalah minuman musim panas terbaik. Sarat dengan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya, air kelapa pada musim panas yang cerah bisa memberi kelegaan yang sangat dibutuhkan dan memberi rasa tenang.

Dikemas dengan elektrotipe, air kelapa memiliki sifat pendinginan yang membantu melawan cuaca panas.

BERITA TERKAIT