test

Kesehatan

Senin, 29 Maret 2021 10:25 WIB

5 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Buah semangka bermanfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Saat cuaca panas dan terik di musim kemarau, buah semangka bisa menjadi salah satu pelepas dahaga karena memiliki kandungan air yang tinggi. Selain manis, buah ini menyegarkan dengan kandungan air mencapai 92 persen.

Semangka atau buah dengan nama latin Citrullus lanatus ini vitamin A, vitamin C, vitamin B6, likopen, antioksidan dan juga asam amino. Bahkan buah ini jug, a memiliki kandungan potassium meskipun dalam kadar yang kecil.

Tapi taukah kamu, selain menyegarkan semangka juga punya segudang manfaat bagi kesehatan. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (29/3/2021), berikut khasiat semangka jika dikonsumsi secara teratur.

1. Menjaga kesehatan jantung
Salah satu manfaat yang ditawarkan buah semangka yaitu menjaga kesehatan jantung. Hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Hypertension.

Para ahli dalam studi tersebut berpendapat bahwa ekstrak semangka berperan dalam menurunkan tekanan darah pada pasien obesitas dengan hipertensi. Hal ini mungkin dikarenakan jumlah kalium dan magnesium pada semangka.

2. Mencegah pembentukan batu ginjal
Kandungan kalium pada buah semangka yang tinggi ternyata dapat membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal. Bahkan, kalium juga diketahui dapat mengurangi asam urat dalam darah. Dengan begitu, risiko pembentukan batu ginjal pun ikut berkurang.

Anda mungkin juga akan lebih sering buang air kecil usai mengonsumsi buah semangka. Kabar baiknya, hal tersebut bisa membantu membersihkan ginjal dari racun yang tidak dibutuhkan tubuh.

Sementara itu, senyawa antioksidan dalam semangka juga memberikan manfaat terhadap kesehatan ginjal. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena terlalu banyak asupan kalium justru bisa berbahaya, terutama untuk pasien sakit ginjal.

3. Membantu mengendalikan gula darah
Aturan yang harus ditaati oleh para penyandang diabetes adalah menjalani diet rendah gula dan kaya akan karbohidrat. Hal ini dikarenakan mereka sering merasa lapar, tetapi tidak dapat makan sesuka hati, sehingga nafsu makan pun ikut turun.

Semangka bisa menjadi camilan ringan untuk para penyandang diabetes. Meski begitu, penyandang diabetes hanya boleh mendapatkan manfaat dari buah semangka ini dalam jumlah yang sedikit.

Tidak hanya itu, kandungan kalium dan magnesium di dalamnya juga membantu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh. Hal ini turut berkontribusi terhadap menurunnya kadar gula darah.

4. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh
Buah semangka mengandung 92 persen air dan elektrolit yang baik untuk menghidrasi tubuh. Kedua senyawa ini sangat penting untuk mencegah Anda terkena dehidrasi dan efektif dalam menurunkan suhu tubuh, serta tekanan darah.

5. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit
Sudah bukan rahasia umum lagi bila vitamin A dan C yang bisa Anda jumpai pada buah semangka sangat bermanfaat bagi kulit dan rambut.

Vitamin C adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen. Sedangkan, vitamin A dapat membantu memperbaiki sel kulit dan membuatnya tetap muda, serta kenyal.

Hal ini yang membuat semangka begitu digemari karena dapat mempercantik penampilan sekaligus pelepas dahaga di tengah panasnya musim kemarau.

BERITA TERKAIT