test

News

Selasa, 26 April 2022 09:40 WIB

85 Juta Lebih Pemudik Lebaran, Polri Siapkan Skenario Khusus Arus Balik

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Pemudik Lebaran beberapa tahun lalu gunakan motor sangat padat. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan sebanyak 85 juta masyarakat di Indonesia akan melaksanakan mudik Lebaran ke kampung halaman. Diperkirakan, jumlah itu terus bertambah pada arus balik nanti.

Guna mengantisipasi hal tersebut, polisi menyiapkan sejumlah skenario arus balik yang akan diberlakukan pada 7-8 Mei 2022 di sejumlah ruas tol, khususnya di Gerbang Tol Halim.

"Itu yang kita khawatirkan adalah bahwa gerbang tol Halim dengan hanya 13 gardu tidak akan mampu menampung jumlah kendaraan yang bagaikan air bah akan masuk ke Jakarta," ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Sambodo lantas menjelaskan sejumlah skenario yang telah disiapkan untuk mengantisipasi arus balik pada 7-8 Mei 2022. Pertama, mengupayakan penggunaan lajur kanan yang harusnya digunakan dari Jakarta ke Cikampek (masuk) untuk ke luar.

"Kan satu arah semua, jadi yang mau ke arah Cikampek kan pasti ditutup. Jalan itu bisa dipakai untuk ke luar, jadi mengurangi beban orang ke luar di Halim," sambungnya.

Kedua, Tol Cikunir akan ditutup jika opsi pertama tidak cukup menolong. Nantinya, semua pengendara akan diarahkan untuk keluar di JORR.

Skenario ketiga, Sambodo menjelaskan pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga agar mereka bisa membantu mengeluarkan mobile card reader.

"Keempat, kalau memang antrean juga tetap sampai di lebih dari 1 kilometer maka tol akan digratiskan. Nah yang jadi masalah tidak hanya gerbang tol Halim tapi juga dari Halim sampai Cawang," tukasnya.

BERITA TERKAIT