test

News

Jumat, 22 April 2022 10:40 WIB

Polri Berlakukan Gage dan 6 Titik One Way Jelang Mudik Lebaran 2022

Editor: Fitriawan Ginting

Tol Cipali Jawa Tengah menjadi lintasan utama pemudik dan juga untuk liburan di Pulau Jawa. (Foto : PMJ/Gtg).

PMJ NEWS - Untuk mengantisipasi kepadatan pemudik jelang Idul Fitri 1443 (2022) yang diperikirakan akan alami lonjakan besar, Polri akan menerapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. Penerapan sistem ganjil genap akan diberlakukan. Selain itu, Polri juga akan menerapkan sistem one way di 6 titik jalan tol.

"Pola yang dibuat oleh personel lalu lintas, kita melakukan one way pada pada hari-hari tertentu khususnya di tanggal 28, 29, 30 April dan juga baliknya, di mana permasalahan yang kita lihat, ada potensi-potensi kemacetan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Jumat (22/4/2022).

“Dan itu biasanya lalu lintas biasanya ketika jalan besar di ujungnya kecil secara otomatis akan mempengaruhi kemacetan," sambungnya.

Ditambahkan Ramadhan, 6 titik one way tersebut adalah arah Merak di KM 26; arah Cikampek mulai dari KM 48 sampai dengan KM 50, dari 5 lajur sampai 3 lajur; arah Cikampek dari KM 31 sampai KM 37 dari 4 lajur menjadi 3 lajur; arah Cikampek dari KM 70 sampai dengan KM 72 dari 3 lajur menjadi 2 lajur; arah Jakarta dari KM 66 ke 62 dari 6 lajur menjadi 3 lajur; dan arah Jakarta dari KM 54 sampai dengan KM 54:500 dari 5 lajur menjadi 3 lajur.

“Ini sesuatu yang alami ketika jalan besar kemudian mengecil, dia akan macet dan insidentil juga ketika ada mobil mogok ataupun mobil insiden, satu ruas saja ketika dia terjadi insiden, maka akan mempengaruhi kelancaran lalu lintas, namun itu bukan menjadi halangan bagi warga, antisipasi itu telah dilakukan sejak awal oleh personil di lapangan," paparnya.

Ramadhan melanjutkan, demi kelancaran arus mudik maupun balik petugas lalu lintas akan memberlakukan one way dari KM 40-an sampai KM 414 Kalikangkung.

BERITA TERKAIT