test

News

Kamis, 21 April 2022 20:03 WIB

Menag: Spirit Alquran Bawa Indonesia Berhasil Merawat Keberagaman

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Dok Kemenag)

PMJ NEWS - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyebut peringatan Nuzulul Quran Tingkat Kenegaraan sebagai bagian dari upaya mengingatkan betapa mulianya ajaran Al-Qur’an bagi bangsa Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Menag Yaqut saat memberikan sambutan pada malam Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Kenegaraan tahun 1443 H/2022 M di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

"Spirit Alquran pulalah yang telah membawa Indonesia sebagai bangsa yang berhasil merawat keragaman menjadi harmoni yang begitu indah," ujar Menag seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Kamis (21/4/2022).

Menag menilai tema Kerukunan dan Keberagaman sangat tepat. Tema tersebut bisa menjadi pengingat kepada seluruh elemen bangsa bahwa Indonesia dan keragamannya adalah anugerah terindah yang harus dirawat dan dijaga.

"Karena merawat keragaman menjadi harmoni adalah perintah Al-Qur’an dan telah dicontohkan oleh para pendiri bangsa," ucapnya.

"Kita tidak hanya beragam dalam bahasa dan warna kulit, namun juga beragam dalam keyakinan dan pemahaman. Maka tak pernah ada sebuah zaman yang seluruh anak zamannya berada dalam satu pemahaman yang satu. Al-Qur’an datang dan menjelma sebagai pemersatu keragaman tersebut, " sambungnya.

BERITA TERKAIT