test

News

Jumat, 15 Mei 2020 17:39 WIB

Hikmah Keteladanan Rasulullah SAW Soal Keadilan dan Harmoni Kehidupan Berbangsa

Editor: Ferro Maulana

Hikmah kehidupan. (Foto: Dok Net/ Ilustrasi)

PMJ - KH Maimoen Zubair dalam sebuah pengantar buku Fiqih Kebangsaan yang disusun oleh Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) menjelaskan Islam pertama kali hadir di kota Makkah yang beriklim tandus dan kering, kemudian hijrah ke kota Madinah al-Munawwarah.

Di kota Madinah tersebut, iklim dakwah Islam tidak berlangsung keras dan fanatik, serta tidak memihak satu golongan tertentu, melainkan memihak kepada kebenaran, dari siapa pun kebenaran itu datang.

Setidaknya dari keterangan Beliau ini dapat kita catat bahwa telah terjadi pergeseran pola dakwah dalam Islam saat itu, dan jejak sejarah rekaman dakwah itu dapat kita temui dalam Surat Makkiyah dan Madaniyah dari Alquran.

Pergeseran cara dakwah yang diteladankan oleh Rasulullah SAW ini senantiasa terus berkembang dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Di Nusantara sendiri, para anggota Wali Songo melakukan dakwah dengan cara yang berbeda-beda.

Media Dakwah

Ada yang menggunakan media wayang seperti yang dilakukan oleh Sunan Kalijogo. Ada pula yang menggunakan media gending, seperti yang dilakukan oleh Sunan Bonang dan Sunan Ampel. Karena pandai dalam mengolah media dakwah inilah, selanjutnya Islam sedemikian pesat berkembang di Nusantara bahkan mampu membalik keadaan dari semula minoritas menjadi mayoritas hingga dewasa ini.

Nyaris tidak ditemui adanya ketegangan yang melahirkan konflik horizontal antarumat beragama di dalamnya, melainkan konflik yang dipicu oleh perebutan kekuasaan politik. Ini merupakan teladan dakwah yang masih bisa kita temui bukti dan jejak sejarahnya hingga sekarang di Nusantara.

Pertanyaannya, apakah menjaga harmoni ini bertentangan dengan syariat? Dalam konteks kehidupan masyarakat yang damai dan terjalin relasi timbal-balik yang tidak saling merugikan antarsesama umat beragama, ada banyak ayat yang mengisyaratkan pentingnya harmonisasi itu.

Misalnya Al-Qur’an Surat al-Maidah [5] ayat 8. Di dalam ayat ini Allah ? berfirman: ??????????? ?????????? ????????? ????????? ???????????? ??????? ?????????? ???????????? ????? ??????????????? ???????? ?????? ?????? ?????? ??????????? ????????????? ???? ???????? ???????????? ?????????? ??????? ?????? ??????? ????????? ????? ????????????

Artinya, “Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah! Sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan” (QS Al-Maidah (5) ayat 8).

Berbuat Adil

Di dalam ayat ini, Allah ? memerintahkan agar orang Islam senantiasa berlaku adil dalam segala hal, tanpa memandang golongan, kerabat atau agama yang dipeluknya. Keadilan merupakan yang harus dikedepankan untuk menjaga kehormatan manusia.

Perintah mengedepankan keadilan ini bahkan diiringi agar berbuat baik (ihsan) kepada sesama. Ihsan di sini bukanlah semata tindakan baik namun kering dari adab dan etika sosial.

Justru ihsan merupakan tindakan yang lebih dari sekedar melakukan kebaikan berupa pemberian materi, melainkan juga disertai dengan adab, toleransi, tepo seliro, dan sejenisnya. Tidak bersikap berlebih-lebihan sehingga memaksakan kehendak adalah bagian dari ihsan.

Allah ? menyampaikan perintah berbuat adil dan ihsan ini dalam Surat al-Nahl [16] ayat 90. ????? ????? ???????? ??????????? ?????????????? ???????????? ??? ?????????? ????????? ???? ????????????? ????????????? ??????????? ?????????? ??????????? ?????????????

Artinya, “Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi bantuan kepada kerabat, dan Dia melarang (melakukan) perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran” (QS al-Nahl [16] ayat 90).

Bahkan di dalam Surat al-Mumtahinah [60] ayat 8, Allah ? dengan tegas mengisyaratkan penjagaan harmoni kehidupan itu sebagai berikut: ??? ??????????? ??????? ???? ?????????? ???? ??????????????? ??? ????????? ?????? ?????????????? ????? ??????????? ???? ????????????? ?????????????? ??????????? ????? ??????? ??????? ???????????????

Artinya, “Allah SWT tidak melarang kamu berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangimu dalam urusan agama dan tidak mengusir kamu dari kampung halamanmu. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.” (QS Al-Mumtahinah [60]: 8)

Syekh Abdul Aziz al-’Awadly memberikan penjelasan terhadap ayat ini sebagai berikut: ??? ????? ??????: ?? ???? ????? ???? ????? ?? ?? ??? ??? ?? ??? ???? ?? ????? ???? ????? ?? ??? ???????? ?? ????? ?? ??? ???????? ?? ????? ????? ?? ??????? ????? ?????? ???? ?? ?????

Artinya, “Arah dari ayat ini adalah hendak menjelaskan bahwasanya Allah Ta’ala telah mewajibkan agar berlaku adil dalam segala hal dan kepada semua orang, bahkan kendati terjadi permusuhan antara kedua pihak. Dan Allah Ta’ala tidak melarang kaum muslimin untuk berbuat adil terhadap non muslim, bahkan justru malah diperintahkan agar berbuat baik kepada mereka (al-ihsan) serta berlaku adil kepada mereka” (Abdul Aziz al-Iwadly, al-Qawa’id al-Kubra li al-Ta’ayusy al-Silmy min Khil?al al-Qawa’id al-Kulliyyah, disampaikan dalam al-Mu’tamar al-Shahafy li Nadwati Tathawwuri al-Ulum al-Fiqhiyah al-Tsaniyata ‘Asyara, oleh Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Mesir, pada tanggal 13 Maret 2013 M).

Perintah untuk menjaga harmoni kehidupan dalam bingkai kebersamaan ini juga disinggung dalam QS Al-Syura [42] ayat 40. Di dalam ayat ini, Allah ? menegaskan benci kepada pihak yang berbuat zalim (aniaya). Dalam QS Al-Maidah (5) ayat 13, Allah ? memerintahkan agar berlaku toleran atas kesalahan yang tidak seberapa. Ini juga merupakan teladan dari menjaga harmoni.

Contoh Keteladanan Rasulullah

Bahkan, Rasulullah ? sebagai rasul pembawa risalah, juga banyak memberi contoh keteladanan dalam menjaga harmoni kehidupan. Misalnya, sebagaimana tergambar dalam hadits berikut: ???? ?????? ????? ???? ??? ??? ???? ?????? ???? ?????????? ? ?????: ???? ?????? ?????????? ???? ?????? ????????? ??????????? ??????? ???????? ???????? ???? ????????? ??????????? ??????. ?????????? ?????????????.

Artinya, “Dari sahabat Abdullah ibn Umar radliyallahu ‘anhuma, dari Nabi ?, Beliau bersabda: Barangsiapa membunuh seorang mu’ahad (taat kepada kesepakatan bersama meskipun non-Muslim), maka dia tidak akan mencium bau surga. Sesungguhnya bau surga bisa tercium sedari perjalanan 40 tahun” (HR Bukhari).

Dalam riwayat yang lain, dari jalur sanad Shafwan ibn Salim disebutkan, bahwa Rasulullah ? memberi peringatan yang keras kepada kaum muslimin yang berlaku aniaya terhadap kafir mu’ahad. Rasulullah bersabda: ??? ?? ??? ?????? ? ?? ??????? ?? ???? ??? ?????? ?? ??? ??? ???? ???? ??? ??? ? ???? ????? ??? ??????? . ???? ??? ????

Artinya, “Ingatlah! Barangsiapa berlaku aniaya terhadap seorang mu’ahad, menekannya, atau membebaninya dengan beban yang tidak mampu ia tanggung, atau merampas hak mereka, maka aku adalah orang yang akan memintakan pertanggungjawabannya (mu’ahad) kelak di hari kiamat” (HR. Abu Dawud).

Sebenarnya masih banyak teladan yang disampaikan oleh Rasulullah ? dalam menjaga keharmonisan itu. Teladan yang paling masyhur yaitu doa yang diajarkan oleh Rasulullah ?. Suatu ketika Abu Musa Al-Asy’ari mendapati ada seorang Yahudi sedang berada di sisi Rasulullah ?. Tiba-tiba si Yahudi ini bersin. Mendapati hal itu, spontan Rasulullah ? berdoa: ?????? ???? ????? ?????

Artinya: “Semoga Allah ? memberi hidayah kepadamu dan membagusi masa depanmu!” (HR. Ahmad dan Abu Dawud). Di kesempatan lain, Al-Thufail ibn Amru al-Dausy mendatangi Rasulullah ? lalu berkata: ?? ???? ???? ?? ??? ???? ???? ???? ?????

“Sesungguhnya masyarakat Daus telah berbuat kerusakan (durhaka dan menentang dakwah). Maka doakanlah tuan agar mereka ditimpa azab dari Allah ?!” Apa jawab Nabi? Rasulullah ? justru berdoa: ????? ??? ???? ??? ??? “Ya Allah! Berilah hidayah masyarakat Daus dan kirimlah seseorang yang bisa membimbing mereka!” (HR. Bukhari)
Hidayah Bagi Umat Islam

Semua doa yang diteladankan oleh Nabi ? ternyata bukan turunnya azab, laknat dan sejenisnya, melainkan justru agar diberikan hidayah (petunjuk) kepada mereka. Inilah teladan Nabi dalam menjaga keharmonisan dalam kancah hubungan bermasyarakat.

Seandainya, doa Nabi itu berupa azab atau doa keras lainnya! Bisa jadi umat beliau Rasulullah ? tidak akan mencapai mayoritas penghuni muka bumi ini. Alhasil, jika orientasi utama dari beberapa hujjah dalil di atas kita tarik dalam konsep keislaman dan keindonesiaan, maka alangkah indahnya bila hujjah-hujjah semacam yang dikedepankan.

Hal ini mengingat Indonesia adalah negara damai dan bukan menghadapi situasi perang. Dalam kondisi damai, semua warga negara adalah berlaku sama. Hukum merupakan ujung tombak bagi berlakunya keadilan.

Inilah wajah Islam Indonesia, yaitu sebuah wajah yang ramah karena senantiasa mengedepankan maqashid syariah berupa penjagaan terhadap hak-hak individu/jiwa serta kehormatannya, dalam mewujudkan wajah Islam yang ramah dalam konteks berbangsa dan bernegara. Wallahu a’lam bi al-shawab. (Sumber: PW LBMNU Jawa Timur/ Nahdlatul Ulama/ FER).

BERITA TERKAIT