test

News

Rabu, 20 April 2022 22:01 WIB

Hindari Kepadatan, Menhub Imbau Masyarakat Mudik Lebih Awal

Editor: Ferro Maulana

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Kemenhub)

PMJ NEWS -  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan imbauan untuk masyarakat agar melakukan perjalanan mudik lebih awal, dengan tujuan menghindari terjadinya kepadatan.

Hal tersebut dikatakan Menhub ketika meninjau kesiapan Angkutan Lebaran Tahun 2022 di Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

"Kalau bisa lakukan perjalanan mulai 23 April 2022. Hindari tanggal 28-30 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak arus mudik, untuk mencegah terjadinya kepadatan,” ujar Budi Karya, dalam siaran pers tertulisnya, Rabu (20/4/2022).

“Kalau sudah padat, nanti masyarakat juga yang terkena dampaknya," sambungnya.

Sementara itu, Pelabuhan Kalianget meerupakan salah satu pelabuhan di Jawa Timur yang diprediksi mengalami lonjakan penumpang kapal laut di masa mudik Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Hal itu sebagaimana diprediksi juga terjadi di sejumlah pelabuhan di luar Jawa. Antara lain, di Sulawesi Selatan, Selayar, Samarinda, Banjarmasin, Pangkalan Bun, dan Batam. 

Karena itu, Menhub telah meminta operator pelayaran untuk mengantisipasi daerah-daerah yang berpotensi mengalami lonjakan penumpang yang signifikan, dengan melakukan re-routing kapal-kapal ke daerah yang penumpangnya padat.

Sehingga diharapkan mampu mencegah terjadinya kelebihan muatan kapal yang bisa membahayakan keselamatan.

BERITA TERKAIT