test

News

Selasa, 5 April 2022 09:07 WIB

Korlantas: Masih Tinggi, Angka Kecelakaan Setahun Capai 25.266 Orang

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi. (Foto: PMJ News/Dok Korlantas)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyampaikan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih tergolong tinggi. Kecelakaan juga menjadi salah satu penyebab kematian di Indonesia.

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan berdasarkan data pada tahun 2021 tercatat sebanyak 25.226 orang meninggal dunia akibat kecelakaan.

"Sebagaimana kita ketahui bersama selama ini, kecelakaan merupakan salah satu kontribusi penyebab kematian di Indonesia. Dari data bahwa kematian akibat kecelakaan pertahun sebanyak 25.266 orang," jelas Irjen Firman saat konferensi pers, Senin (4/4/2022).

Firman merinci setiap bulannya setidaknya ada 2.105 pengendara yang meninggal dunia. Sedangkan per harinya mencapai 70 orang meninggal dunia akibat kecelakaan.

"Kecelakaan kendaraan di jalan tol kebanyakan terjadi saat dini hari hingga pagi. Adapun rentang waktunya, sekira pukul 03.00 hingga 09.00,” jelasnya.

Menurut Firman, data 2021 mencatat sedikitnya ada 1.309 kecelakaan di jalan tol. Dari kejadian itu, jumlah korban yang meninggal dunia mencapai 648 orang.

Sedangkan korban yang mengalami luka berat ada 199 orang dan luka ringan sebanyak 1.982 orang. Menurut dia, akibat kejadian tersebut, kerugian materi yang ditimbulkan mencapai Rp16 Miliar.

"Melihat fakta di lapangan terkait banyaknya kecelakaan di jalan tol, maka perlu implementasi penegakan hukum pelanggaran lalu lintas menggunakan sistem ETLE untuk kendaraan yang melanggar kecepatan dan batas muatan," tukasnya.

BERITA TERKAIT