test

News

Senin, 4 April 2022 13:05 WIB

Mendagri Larang Camat Gelar Bukber Ramadan dan Open House Lebaran 2022

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. (Foto: PMJ News/Instagram @titokarnavian).

PMJ NEWS - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan larangan para camat menggelar buka puasa bersama dan open house saat Lebaran 2022. Hal ini menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melarang pejabat negara menggelar buka bersama dan open house.

"Para pejabat negara termasuk camat, tidak boleh menggelar buka puasa bersama. Larangan itu juga berlaku untuk kegiatan open house pada lebaran mendatang," ungkap Tito dalam keterangannya yang ditulis Senin (4/4/2022).

Mantan Kapolri ini juga meminta para camat terus mengampanyekan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat meski kasus Covid-19 terbilang sudah menlandai.

"Saya minta khusus pandemi Covid-19 ini yang relatif sudah melandai ini, tolong rekan-rekan terus mengampanyekan (prokes) 3M itu," ucapnya.

Secara khusus, Tito menyoroti pada kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti salat berjamaah dan agenda buka puasa bersama. Kendati diizinkan, kedua kegiatan tersebut harus dilakukan dengan memenuhi ketentuan protokol kesehatan.

"Misalnya disiplin menggunakan masker dan memperhatikan jumlah masyarakat yang terlibat," ujarnya.

Selain itu, Tito juga meminta para camat dapat membantu mempercepat vaksinasi di daerahnya masing-masing. Terutama, bagi masyarakat yang masuk kategori lanjut (lansia).

Langkah percepatan itu bisa dilakukan dengan mendatangi dari rumah ke rumah untuk mencari para lansia yang belum mengikuti vaksinasi. Termasuk, masyarakat yang memiliki kormobit.

"Yang masih bisa untuk divaksinasi menurut dokter, (segera) divaksinasikan. Daerah yang antibodi masyarakatnya rendah dapat segera mempercepat vaksinasi," ucapnya.

BERITA TERKAIT