test

News

Selasa, 29 Maret 2022 17:05 WIB

Antisipasi Mudik Lebaran 2022, KAI Tambah 35 Perjalanan KA Jarak Jauh

Editor: Hadi Ismanto

Kereta api jarak jauh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah 35 rangkaian perjalanan kereta api jarak jauh untuk angkutan Lebaran 2022. Penambahan tersebut untuk mengakomodasi tingginya penumpang pada puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi 30 April-1 Mei 2022.

"KAI terakhir kali menyelenggarakan angkutan Lebaran pada 2019. Tahun ini penambahan angkutan akan cukup banyak," jelas Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo saat rapat dengan Komisi VI DPR di kompleks Parlemen, Senayan, .

Dia menambahkan, untuk periode Idul Fitri, KAI menyiapkan kapasitas tempat duduk 4,7 juta. Mulai H-10 sampai H+10 Lebaran, rata-rata kursi perjalanan penumpang perhari sebanyak 216 ribu. Sementara itu saat puncak mudik dan balik, jumlah kursi diperkirakan menjadi 218 ribu.

Selain itu, kata Didiek, KAI juga akan menyiapkan posko angkutan Lebaran mulai 22 April atau H-10 menjelang Idul Fitri. Posko akan berdiri selama 22 hari hingga 13 Mei atau H+10 pasca-Lebaran.

Sementara Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko KAI, Salusra Wijaya menjelaskan untu aturan perjalanan selama mudik akan mengacu pada aturan Kementerian Perhubungan dan Satgas Covid-19.

Dimana masyarakat yang akan melakukan mudik dengan angkutan kereta, yang telah memperoleh vaksin Covid-19 dosis lengkap dan booster tidak perlu menunjukkan hasil tes PCR dan Antigen.

"Kartu vaksin harus dibawa dan aplikasi PeduliLindungi tetap berlaku," ujar Salusra.

BERITA TERKAIT