test

Kesehatan

Sabtu, 26 Maret 2022 11:04 WIB

5 Cara Mudah Turunkan Demam Dalam Semalam

Editor: Hadi Ismanto

Lima cara mudah demam dapat diturunkan dalam semalam. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Biasanya demam akan turun dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, ada beberapa cara menurunkan demam dalam semalam yang bisa dicoba, agar Anda dapat kembali beraktivitas dengan nyaman keesokan harinya.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/3/2022), berikut beberapa cara menurunkan demam dalam semalam yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

1. Minum Banyak Cairan
Konsumsi banyak cairan saat demam sangatlah penting, karena air dapat membantu mengatur suhu tubuh, membuang bakteri dan virus, serta membuat tubuh bekerja dengan lebih lancar.

Selain itu, cairan juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi saat demam. Perlu diingat, semakin tinggi demam yang diderita, semakin tinggi pula risiko dehidrasi. Jadi, pastikan Anda tidak lupa untuk minum lebih banyak cairan.

2. Istirahat Cukup
Demam menandakan sistem imun di tubuh Anda sedang memerangi bakteri atau virus penyebab infeksi. Agar imun tubuh meningkat, diperlukan istirahat dan tidur yang cukup. Tidur yang berkualitas sepanjang malam dapat menjadi salah satu cara menurunkan demam dalam semalam.

3. Konsumsi Obat Penurun Demam
Konsumsi obat penurun demam dapat membantu Anda menghilangkan rasa tidak nyaman yang muncul. Ada beberapa jenis obat yang dapat digunakan sebagai cara menurunkan demam dalam semalam, di antaranya acetaminophen, ibuprofen, dan aspirin.

Namun, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan obat dengan saksama. Jika demam tak kunjung turun atau justru suhu tubuh bertambah tinggi setelah minum obat, sebaiknya periksakan diri lebih lanjut ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

4. Dinginkan Tubuh Anda

Mendinginkan tubuh dapat membantu Anda mengatasi rasa tidak nyaman saat demam muncul. Cara menurunkan demam dalam semalam ini dapat Anda lakukan dengan mandi air hangat atau air biasa, serta menggunakan kompres ke area leher, ketiak, dan dahi.

5. Penuhi Asupan Nutrisi
Terkadang, demam yang disebabkan oleh infeksi dapat membuat seseorang mengalami mual dan tidak nafsu makan. Namun, Anda tetap harus mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak perlu makan dalam porsi besar, Anda cukup mengonsumsi makanan dalam porsi kecil namun lebih sering. Sup ayam hangat dapat menjadi alternatif untuk mengembalikan energi tanpa menimbulkan rasa mual.


BERITA TERKAIT