test

Regional

Selasa, 1 Maret 2022 11:20 WIB

Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas-Abu Vulkanik di Puncak Mahameru

Editor: Ferro Maulana

Erupsi Gunung Semeru. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Aktivitas vulkanik Gunung Semeru masih tinggi, pada Selasa (1/3/2022) pagi. Adapun luncuran awan panas serta abu vulkanik masih terlihat di puncak Mahameru. 

Menurut data Pos Pengamatan gunung api Semeru enam jam terakhir, tercatat aktivitas kegempaan Gunung Semeru didominasi gempa letusan sebanyak 13 kali dengan amplitudo maksimal 10 sampai 20 milimeter.

Sedangkan, gemba hembusan sebanyak lima kali dan dua kali gempa tremor harmonik.

Dalam rekaman CCTV di Desa Oro-Oro Ombo dan Bukit Padat, Kecamatan Pronojiwo, Gunung Semeru terus mengeluarkan hembusan abu vulkanik dari kawah meski dengan volume kecil.

Sementara, endapan material vulkanik sisa awan panas guguran yang terjadi Senin (28/2/2022) sore, juga masih terlihat di bibir kawah dan sepanjang jalur lahar.

Walaupun aktivitas vulkanik Gunung Semeru masih cukup tinggi, namun aktivitas warga di Dusun Curahkobokan dan Kajar Kuning yang berada di kaki Gunung Semeru masih terlihat normal.

Hujan abu yang terjadi seminggu terakhir juga tidak berdampak signifikan, baik ke sektor pertanian maupun permukiman warga lantaran abu vulkanik yang terbawa angin masih relatif tipis.   

BERITA TERKAIT