test

News

Minggu, 12 Maret 2023 18:12 WIB

Polisi Bantu Bersihkan Jalan Terdampak Abu Vulkanik Pasca Erupsi Merapi

Editor: Hadi Ismanto

Polresta Magelang memantu membersihkan jalan terdampak abu vulkanik Pasca Erupsi Gunung Merapi. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Pasca erupsi gunung Merapi yang terjadi pada Sabtu (11/3/2023) pukul 12.12 WIB menyisakan abu vulkanik yang menutupi jalan sebagian wilayah Kabupaten Magelang.

Wilayah terdampak di antaranya Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang meliputi Desa Paten, Sengi, Ngargomulyo, Keningar, Sewukan dan Desa Mangunsuko serta Desa Krinjing.

Polresta Magelang bergerak cepat melakukan pembersihan jalan yang tertutup abu vulkanik di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun. Pembersihan menggunakan mobil Armoured Water Canon (WC), mobil Damkar dan unit mobil PDAM, Minggu (12/3/2023) pagi.

"Kita hadir membantu masyarakat yang terdampak abu vulkanik karena kita melihat masyarakat membersihkan jalan dengan cara manual, sehingga kami Polri-TNI juga para relawan membantunya," ungkap Kapolresta Magelang, Kombes Pol Ruruh Wicaksono dalam keterangannya.

"Apabila tidak segera dibersihkan , cukup membahayakan masyarakat yang melintas karena selain berdebu juga cukup licin apabila tidak dibersihkan," sambungnya.

Ruruh menjelaskan, pihaknya fokus pembersihan jalan Desa Krinjing sepanjang kurang lebih 4 km. Pasalnya, posisi desa hanya sekitat 5 km dari gunung Merapi dan juga paling terdampak abu vulkanik.

"Ketebalan abu yang menutupi jalan kurang lebih 2 cm, sehingga sangat licin dan dapat membahayakan keselamatan pengendara. Debu yang beterbangan juga dapat mengganggu kesehatan pernapasan dan mata," terangnya.

BERITA TERKAIT