test

News

Rabu, 23 Februari 2022 11:02 WIB

Indonesia Dilingkari Ring of Fire, Jokowi: Tiap Hari Ada Bencana

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Presiden RI Joko Widodo. (Foto: PMJ/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Indonesia merupakan negara yang dilingkari ring of fire atau cincin api, sehingga rawan terjadi bencana setiap harinya.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat menghadiri Pembukaan Rakornas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) secara virtual, Rabu (23/2/2022).

"Sebagai negara yang dilingkari ring of fire, bencana merupakan keseharian kita. Indonesia ini masuk ke 35 negara yang paling rawan resiko bencana di dunia, sebab hampir setiap hari ada bencana di Indonesia," ujar Jokowi seperti dikutip dari akun Youtube Sekretariat Presiden.

Kondisi tersebut menurut Jokowi dapat menimbulkan resiko yang besar bagi Indonesia, baik dari segi korban hingga kerugian material. Ia juga menekankan agar upaya penanggulangan bencana bisa dilakukan secara lebih terpadu dan sistematik.

"Rencana induk penanggulangan bencana di tahun 2020-2024 harus terlaksana dengan penuh tanggung jawab, disiplin dan konsisten. Indonesia harus menjadi bangsa yang tangguh terhadap bencana,"  sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta agar BNPB bisa membangun sistem edukasi kebencanaan di wilayah rawan bencana. Sebab, budaya sadar kebencanaan harus dimulai sejak dini.

"Gali berbagai kearifan lokal di masyarakat dan latih masyarakat dalam menghadapi bencana. Lakukan latihan dan simulasi, jangan sampai baru dilakukan saat sudah datang bencana,"  tukas Jokowi.

BERITA TERKAIT