test

Regional

Rabu, 23 Februari 2022 10:50 WIB

190 Rumah untuk Korban Erupsi di Lumajang Sudah Bisa Ditempati

Editor: Ferro Maulana

Pembangunan rumah untuk korban erupsi Gunung Semeru. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerangkan, saat ini telah terdapat 190 hunian rumah di Lumajang, Jawa Timur yang telah dibangun setelah erupsi Gunung Semeru beberapa waktu yang lalu.

Kepala BNPB Suharyanto menjelaskan, penyerahan hunian bakal segera dilakukan.  Hal itu disampaikan dalam pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana 2022 yang juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara secara virtual, hari ini Rabu (23/2/2022).

"Dari tanggal 4 Januari hingga 21 Februari 2022 atau dalam waktu satu setengah bulan jumlah yang tetap yang sudah dalam proses pembangunan sebanyak 1175 unit dari target 2.000 unit,” jelas Suharyanto.

“Dari 1.175 unit tersebut 190 unit hunian tetap sudah selesai dan siap ditempati," tuturnya menambahkan.

Menurutnya, gerak cepat penanggulangan bencana di Lumajang itu sesuai arahan Presiden Jokowi tentang percepatan dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

"Kami harapkan tentu saja dalam waktu tidak terlalu lama masyarakat yang saat ini masih tinggal di pengungsian bisa segera menempati pemukiman yang baru di wilayah relokasi tersebut," ucap Suharyanto.

Menurutnya, tantangan yang harus dihadapi oleh BNPB tidak mudah karena Indonesia merupakan negara kepulauan dan laut yang amat rawan dengan berbagai macam potensi bencana

BERITA TERKAIT