test

News

Rabu, 9 Februari 2022 11:50 WIB

HPN 2022, Ketua DPR: Media Massa Berperan Penting Meluruskan Berita Bohong

Editor: Etty Kadriwaty

Penulis: Yeni Lestari

Ketua DPR RI, Puan Maharani saat memberikan keterangan. (Foto: PMJ News/Instagram @puanmaharaniri).

PMJ NEWS - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani memupuk harapan agar media massa bisa terus berperan dalam memverifikasi isu di tengah masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan vaksinasi dan Covid-19.

Harapan itu disampaikan Puan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional ke-76 yang bertepatan pada hari ini, Rabu (9/2/2022).

"Saya mengapresiasi media massa yang terus melakukan verifikasi melalui fact-checking guna meluruskan berita bohong, khususnya terkait penanganan Covid-19 dan vaksinasi," ujar Puan dalam keterangan persnya.

Menurut Puan, media massa memiliki peran penting dalam meluruskan misinformasi serta hoaks yang kerap beredar di tengah masyarakat. Ia juga meminta agar kedepan pers selalu berpegang teguh pada kewajiban dalam mengedepankan kepentingan umum.

"Kecepatan pemberitaan harus diimbangi dengan keakuratan berita. Kuncinya ialah pers harus disiplin dalam melakukan verifikasi, berimbang serta independen," jelasnya.

Lebih lanjut, Puan juga menegaskan dirinya berkomitmen dalam mendukung kebebasan pers. Kendati demikian, pers juga harus diimbangi dengan tanggung jawab serta tidak melupakan kode etik jurnalistik dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat.

"Kebebasan pers adalah hak yang diberikan oleh konstitusi. Namun kebebasan pers harus tetap dibarengi dengan rasa tanggung jawab, profesional dan tetap menjunjung tinggi kode etik jurnalistik," pungkas Puan.

BERITA TERKAIT