test

News

Senin, 7 Februari 2022 12:35 WIB

Penjelasan Satgas Terkait Minyak Goreng Kosong di Mini Market

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Penjualan minyak goreng di minimarket. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Satgas Pangan Polri secara rutin melakukan monitoring di sejumlah minimarket atau retail modern kecil di wilayah Jabodetabek guna mengecek ketersediaan minyak goreng satu harga.

Hasilnya, terjadi kekosongan stok minyak goreng di sejumlah retail modern kecil tersebut yang dijual mengikuti harga eceran tertinggi (HET) Rp14 ribu.

"Di retail modern kecil seperti Alfamart dan Indomaret, mayoritas ketersediaan (minyak goreng) kosong," kata Wakasatgas Pangan, Brigjen Pol Whisnu Hermawan dalam keterangannya, Senin (7/2/2022).

Whisnu lantas membeberkan sejumlah penyebab kekosongan stok minyak goreng di retail modern kecil. Salah satunya terjadi karena keterlambatan pengiriman dari distributor.

"Penyebabnya karena terlambatnya pengiriman minyak goreng dari distributor serta tingginya antusias masyarakat untuk membeli minyak goreng, karena dibatasi pembeliannya hanya satu liter," jelasnya.

Adapun alasan warga membeli minyak goreng satu harga di retail modern dibandingkan dengan di pasar tradisional lantaran harganya lebih murah.

Dirtipideksus Bareskrim Polri ini juga menegaskan sidak minyak goreng satu harga di pasaran akan terus dilakukan pihaknya sambil berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

"Terus melakukan pengecekan dan monitoring ketersediaan minyak goreng sesuai harga di pasaran," tukasnya.

BERITA TERKAIT