test

News

Selasa, 25 Januari 2022 15:05 WIB

Tetap Jaga Prokes, 17 Warga Tangsel Terpapar Covid-19 Varian Omicron

Editor: Fitriawan Ginting

Penderita omicron. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Terdapat 17 warga Tangerang Selatan terpapar virus Covid-19 varian Omicron. Jumlah tersebut termasuk dengan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dan 16 lainnya tertular dari transmisi lokal.

"Kesimpulannya ada 16 kasus Omicron di Tangsel, semuanya transmisi lokal. Satu lainnya ini (PPLN) datanya ditarik ke pusat langsung, sehingga di Tangsel kini tercatat ada 16 kasus Omicron," terang Kepala Dinkes Tangerang Selatan Alin Hendarlin, Selasa (25/1/2022).

Dijelaskan Alin, dari 17 orang yang terpapar tidak termasuk seorang warga berinisial MR, 45, yang dikabarkan Kemenkes RI meninggal dunia di RS Sari Asih Ciputat. Sebab data pasien tersebut belum ada data hasil WGS (Whole Genome Sequencing).

Menurutnya, sejak munculnya kasus varian Omicron di Tangsel, lima pasien dari 17 orang itu telah dinyatakan sembuh. Sementara 12 orang lainnya saat ini menjalani isolasi secara mandiri dan terpusat.

"Kecuali satu warga Tangsel, yang positif Omicron setelah bepergian dari luar negeri, yang saat ini dirawat di RS kawasan Jakarta," urai Alin.

Dikatakan Alin, warga yang terpapar kebanyakan mengalami gejala ringan seperti sakit tenggorokan, batuk, dan pilek. Untuk itu, masyarakat diminta terus patuh terhadap protokol kesehatan dan menjaga pola hidup bersih dan sehat. Yang terpapar pun sudah menerima dosis 2 kali vaksinasi Covid-19.

"Strateginya sama saja karena musuhnya sama, hanya penularannya cepat. Jadi yang kami imbau adalah pertama masyarakat harus taat prokes, saling menjaga, kesadaran kolektifnya ditingkatkan lagi, sehingga pemutusan rantai penularan ini cepet," tutup Alin.

BERITA TERKAIT