test

News

Rabu, 19 Januari 2022 09:22 WIB

Polda Papua Gelar Operasi Rasaka, Polri: Beri Rasa Aman Bagi Masyarakat

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Yeni Lestari

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri).
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri).

PMJ NEWS - Polda Papua menggelar Operasi Rastra Samara Kasih (Rasaka) 2022. Operasi ini dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman bagi masyarakat Papua.

"Bentuk operasi ini yaitu pengamanan yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif melalui kegiatan pembinaan masyarakat (binmas) noken," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Selasa (18/1/2022).

Dikatakan Ramadhan, operasi yang dilakukan di 24 kabupaten/kota di Papua itu berfokus untuk mewujudkan situasi aman dan kondusif. Ratusan personil dilibatkan dalam operasi itu.

"Personil yang dilibatkan dalam operasi itu berjumlah 495 orang dari Polda Papua," jelasnya.

Operasi Rastra Samara Kasih (Rasaka) 2022 ini berjalan seiringan dengan Operasi Damai Cartenz yang dimulai sejak 17 Januari sampai 31 Desember 2022.

Operasi Damai Cartenz ini sendiri merupakan nama baru dari Operasi Nemangkawi yang dilakukan untuk memburu kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Sebanyak 1.925 personel dikerahkan dalam Operasi Damai Cartenz, yang terdiri dari 1.824 anggota Polri serta 101 anggota TNI. Dari 1.824 personel Polri, 528 personil diantaranya berasal dari Polda Papua dan 1.296 orang dari Mabes Polri.

BERITA TERKAIT