Entertainment

Jumat, 7 Januari 2022 13:50 WIB

Ashanty Positif Covid-19, Kemenkes: Sedang Proses Pemeriksaan

Editor: Hadi Ismanto

Penyanyi Ashanty dikabarkan positif Covid-19. (Foto: PMJ News/Instagram @ashanty_ash)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membenarkan kabar soal artis Ashanty positif Covid-19. Kepastian itu diperoleh dari hasil tes PCR sepulang dari perjalanan luar negeri ke Turki.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan saat ini istri Anang Hermansyah itu sudah menjalani karantina di hotel yang ditunjuk Satgas Penanganan Covid-19.

"Memang ada Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), salah satunya inisial A, saat entry test didapatkan hasil PCR positif Covid-19 dan saat ini sedang menjalani karantina di hotel," ungkap Nadia dalam pesan singkat kepada PMJ News, Jumat (7/1/2021).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: Dok Net)
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmidzi. (Foto: Dok Net)

Menurut Nadia, pemeriksaan terhadap pelaku penjalanan luar negeri telah sesuai prosedur (SOP) dengan menggunakan metode PCR S-Gene Target Failure (SGTF) dan dan Work Health and Safety (WHS).

"Saat ini, sedang dalam proses pemeriksaan keduanya (SGTF dan WGS) untuk memastikan variannya," ucapnya.

Nadia juga menjelaskan, untuk mengantisipasi penyebaran varian Omicron di Indonesia pihaknya mewajibkan pelaku perjalanan untuk melakukan karantina, baik di RSDC Wisma atlet atau hotel yang telah ditunjuk pemerintah.

"Untuk melokalisir varian Omicron, pemerintah mengambil kebijakan semua kasus positif harus melakukan isolasi terpusat," tukasnya.

BERITA TERKAIT