test

Olahraga

Minggu, 2 Januari 2022 09:09 WIB

Ambisi Shin Tae-Yong, Bawa Timnas Indonesia Juarai Piala AFF 2022

Editor: Ferro Maulana

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS -  Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong berambisi mengantarkan Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF 2022. 

Pengalaman yang diperoleh di Piala AFF 2020 menjadiakn Shin Tae-Yong optimistis atas kiprah skuad Garuda pada edisi 2022. 

Ya, Tim Garuda memang gagal menjuara Piala AFF 2020 pasca kalah agregat 2-6 dari Thailand di partai puncak. 

Tetapi, pencinta sepakbola Indonesia tetap memberikan apresiasi tertinggi kepada pasukan Merah Putih asuhan Shin Tae-yong.

Alasannya, Indonesia banyak mengandalkan pemain muda.  Tim Garuda yang awalnya diremehkan lolos ke partai puncak. 

Penampilan apik Witan Sulaeman dan kawan-kawan sudah ditunjukkan sejak fase grup. 

Timnas Indonesia berturut-turut menang 4-2 atas Kamboja, menghancurkan Laos 5-1, menahan Vietnam 0-0 dan menghajar Malaysia 4-1. 

Untuk diketahui, Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 lewat status juara Grup B. Di semifinal, Timnas Indonesia dihadapkan dengan runner-up Grup A yang merupakan tuan rumah, Singapura. Bermain 1-1 di leg I, Timnas Indonesia kemudian menang 4-2 di pertemuan kedua. 

Alhasil, Timnas Indonesia lolos ke final karena menang agregat 5-3. Meski akhirnya kalah di final, ada banyak hal positif yang didapatkan anak asuh Shin Tae-Yong. Salah satunya munculnya pemain-pemain muda penuh talenta.

Diisi pemain-pemain muda seperti Pratama Arhan yang baru berusia 20 tahun, Ernando Ari (19), Muhammad Riyandi (21), Rizky Ridho (20), Rachmat Irianto (22), Asnawi Mangkualam (22), Alfeandra Dewangga (19), Elkan Baggott (19), Witan Sulaeman (20), Ramai Rumakiek (19), Syahrian Abimanyu (22), Egy Maulana Vikri (21) dan Hanis Saghara (22), masa depan Timnas Indonesia masuk kategori sangat cerah.

"Di duel leg pertama, kami tidak beruntung karena para pemain muda bermain di bawah tekanan. Akan tetapi, dalam laga kedua, mereka tampil percaya diri," ujar Shin Tae-yong,  melansir media Vietnam, Zing News.

"Walaupun gagal mengatasi Thailand di AFF 2020, hasil ini membuat saya puas,” bebernya. 

“Piala AFF 2020 menjadi landasan bagi Indonesia untuk membidik target baru pada 2022," ucapnya. 

"Kami akan bersiap menjadi salah satu kandidat yang bersaing memperebutkan gelar juara Piala AFF berikutnya (2022),” sambung Shin Tae-yong. 

Sejauh ini, tanggal penyelenggaraan Piala AFF 2022 belum dirilis. Hanya saja beredar kabar, Piala AFF 2020 akan berlangsung pasca Piala Dunia 2022 Qatar. 

Piala Dunia Qatar 2022 dilangsungkan pada 21 November hingga 5 Desember.  Jadi Piala AFF rencana akan digelar di pertengahan bulan Desember 2022. 

Karena itu, menarik menanti gebrakan yang disiapkan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia. 

BERITA TERKAIT