test

Regional

Sabtu, 25 Desember 2021 20:08 WIB

Diterjang Tanah Longsor, Jalan Penghubung Garut-Tasikmalaya Terputus

Editor: Ferro Maulana

Imbas dari tanah longsor. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Jalan penghubung utama antara wilayah Garut dengan Tasikmalaya melalui Cilawu, Sabtu (25/12/2021) sore, terputus karena diterjang bencana tanah longsor. 

Adapun material longsoran menutupi seluruh badan jalan sepanjang belasan meter. Sehingga tidak dapat dilewati kendaraan sama sekali dari dua arah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Satriabudi membenarkan adanya peristiwa longsor di jalur utama Garut-Tasik tersebut. 

Satriabudi melanjutkan, lokasi longsor berada di wilayah Kampung Cigangsang, Desa Sukamaju, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

Masih dari penuturannya, kejadian longsor diduga akibat hujan dengan intensitas tinggi yang turun di wilayah Kabupaten Garut.

"Yang longsor adalah tebing yang ada di pinggir jalan. Longsoran tersebut membawa material tanah, batu, hingga pepohonan dan menutup jalan penghubung utama dari Garut dan Tasikmalaya," jelasnya. 

Menurutnya, saat ini pihaknya bersama unsur TNI, Polri, kecamatan, dibantu warga langsung berupaya melakukan pembersihan material longsor menggunakan alat seadanya. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait agar proses evakuasi berjalan cepat untuk menurunkan alat berat," tandasnya. 

BERITA TERKAIT