test

News

Sabtu, 25 Desember 2021 12:40 WIB

Pesan Religi, Paus Fransiskus Minta Umat Beriman Fokus Kesederhanaan Yesus

Editor: Ferro Maulana

Paus Fransiskus. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Paus Fransiskus merayakan Misa Malam Natal di hadapan sekitar 2.000 orang di Basilika Santo Petrus pada Jumat (24/12/2021) malam waktu setempat. 

Vatikan tetap menggelar kebaktian walaupun kasus Covid-19 kembali melonjak yang mampu mendorong dikeluarkannya mandat vaksin baru bagi para pegawai di Vatikan. 

Fransiskus yang tidak memakai masker berjalan di jalur tengah saat paduan suara Kapel Sistina menyanyikan "Noel," memulai hari Raya Natal di Vatikan yang memperingati kelahiran Yesus di sebuah palungan di Betlehem. 

Adapun Paus tetap tidak mengenakan masker selama acara kebaktian hingga selesai. 

Di pesan religinya, Paus Fransiskus meminta umat beriman untuk fokus terhadap "kesederhanaan" Yesus, dan mengingat bahwa ia lahir ke dunia dalam keadaan miskin, bahkan tanpa tempat tidur yang layak. 

"Di situlah Tuhan berada, dalam kesederhanaan," tutur Paus. 

"Inilah pesannya: Tuhan tidak bangkit dalam kemegahan. Tetapi merendahkan diri-Nya dalam kesederhanaan," ujarnya. 

"Kesederhanaan adalah jalan yang dipilih-Nya untuk mendekat kepada kita, menyentuh hati kita, menyelamatkan kita dan membawa kita kembali ke apa yang benar-benar penting,” jelasnya panjang lebar. 

Kehadiran umat pada Jumat (24/12/2021) dibatasi sampai  sekitar 2.000 orang, jauh lebih banyak dari 200 orang yang diizinkan pada tahun 2020 saat Italia berada dalam penutupan wilayah sepenuhnya pada hari Natal. 

Namun jumlah tersebut hanyalah sebagian kecil dari kapasitas Gereja Santo Petrus, yang dapat  menampung hingga 20.000 dan pada masa pra-pandemi akan dikemas untuk salah satu liturgi Vatikan paling populer tahun itu. 

BERITA TERKAIT