test

News

Kamis, 23 Desember 2021 10:35 WIB

Kemenkes: Pasien Varian Omicron Tambah Tiga Orang, Gejala Batuk Ringan

Editor: Hadi Ismanto

Karo Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi. (Foto: PMJ News/YouTube Kemenkes RI)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan kasus varian Omicron di Indonesia bertambah tiga orang. Tiga pasien baru ini disebutkan mengalami gejala batuk ringan.

"Ada gejala ringan batuk, tapi kondisi sehat," ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Kamis (23/12/2021).

Nadia mengatakan, tiga kasus baru ini berasal dari Malaysia dan Kongo yang merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Dengan tambahan tiga kasus baru ini, lanjut Nadia, total pasien Covid-19 varian Omicron di Indonesia menjadi 8 orang.

"(WNI) 1 Malaysia dan 2 Kongo," ucapnya.

Diberitakan Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerangkan pihaknya mendeteksi lima orang sebagai probable atau suspek Omicron di Indonesia. Hal tersebut diungkap usai seorang pekerja di Wisma Atlet terpapar virus Omicron.

"Di luar pasien itu (yang positif Omicron), Kementerian Kesehatan juga mendeteksi lima orang sebagai probable Omicron," ujar Budi dalam keterangan persnya, Kamis (16/12/2021).

Lima orang yang menjadi suspek Omicron itu terdiri dari dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang baru tiba dari Amerika Serikat. Keduanya tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet.

"Kemudian tiga kasus lainnya ini warga negara asing (WNA) asal China di Manado, sekarang mereka sudah diisolasi," lanjutnya.

BERITA TERKAIT