logo-pmjnews.com

test

Olahraga

Rabu, 22 Desember 2021 09:50 WIB

Resmi, Ancol Jadi Lokasi Balapan Formula E Jakarta

Editor: Hadi Ismanto

Balap Firmula E. (Foto: Dok Net)
Balap Firmula E. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Kawasan Ancol, Jakarta Utara resmi ditunjuk sebagai lokasi lintasan balap Formula E Jakarta pada 4 Juni 2022 mendatang. Kepastian tersebut disampaikan Pelaksana Harian Formula E. Ahmad Sahroni

"Diberikan approval (Federasi Otomotif Internasional) sirkuit penyelenggaraan Formula E di Ancol. Kenapa Ancol, pertamanya Ancol dinamis, ikon Jakarta," ungkap Ahmad Sahroni kepada wartawan, Rabu (22/12/2021).

Menurut Sahroni, pihaknya mengajukan lima lintasan alternatif yang diserahkan kepada Formula E Operation (FEO) yang memiliki cerita mengenai Jakarta. Dia juga menyatakan lintasan Formula E itu harus lintas jalan raya.

"(Ada) GBK, Sudirman-Thamrin, Kemayoran dan Ancol. Enggak ada yang jelek dan mendominasi approval FEA dan FEO," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Sahroni juga mengatakan setidaknya ada dua manfaat Formula E digelar di Ancol. "Baik dari sisi lokasi, pendapatan pelaksanaan branding segala macam, itulah kenapa approval FIA dan FEO di Ancol," jelasnya.

"Dan tidak perlu lagi bangun sirkuit dari nol, karena Formula E beda dengan Formula 1. Yang dibangun seperti Mandalika, yang eksis dalam konteks balapan Formula 1," sambungnya.

Sebelumnya, Jakarta telah resmi menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada tanggal 4 Juni 2022. Keputusan tersebut ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

BERITA TERKAIT