test

News

Rabu, 17 November 2021 13:35 WIB

BMKG Prediksi Curah Hujan Tinggi, Wapres Minta Pemda Siaga Bencana

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Setwapres).

PMJ NEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan dengan intensitas tinggi akan mengguyur hampir seluruh wilayah di Indonesia hingga akhir tahun.

Terkait hal ini, Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin meminta pemerintah daerah bersiaga menghadapi potensi bencana hidrometeorologi yang mungkin terjadi pada akhir tahun nanti.

"Pemerintah daerah menyiapkan untuk mengantisipasi, mitigasi, supaya tidak kemudian ketika kita menghadapi terjadi secara dadakan, tapi dipersiapkan lebih awal karena ini bencana yang selalu hadir setiap tahun," ungkap Ma'ruf Amin, Rabu (17/11/2021).

Selain faktor iklim, Wapres mengatakan bencana bisa terjadi karena kerusakan lingkungan. Pemerintah daerah seharusnya bisa mengantisipasi hal itu agar dampak yang ditimbulkan ketika terjadi bencana tidak terlalu besar.

Ma'ruf Amin menilai bencana memang sulit untuk dihindari. Namun, upaya mitigasi bisa dilakukan untuk memperkecil dampaknya. Salah satunya menyiapkan tempat pengungsian.

"Misalnya mereka harus mengungsi dan lebih siap bentuk rumah seperti apa supaya tidak kebanjiran. Kemudian dipindahkan ke daerah yang lebih tinggi," ujarnya.

Wapres juga telah meminta Pemda mengalokasikan anggaran yang cukup bagi penanganan bencana. Dia pun sudah menginstruksikan Menteri Sosial untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

"Ketika ada korban jiwa dan saya juga minta Menteri Sosial sedini mungkin mengantisipasi daerah yang terkena banjir dan daerah juga menganggarkan dana penanggulangan bencana dan banyak hal yang harus dilakukan," terangnya.

BERITA TERKAIT