News

Selasa, 20 Oktober 2020 13:32 WIB

BNPB Imbau Masyarakat Tanggap Bencana dan Jaga Lingkungan

Editor: Ferro Maulana

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto : PMJ/BNPB).

PMJ - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengimbau mitigasi non struktural penting dalam langkah mewaspadai bencana hidrometeorologi. Mitigasi non struktural yang dimaksud yaitu perubahan perilaku maupun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitar.

"Kalau kita sedang mempersiapkan diri dengan memperhatikan masalah perilaku, menjaga lingkungan dan juga mengantisipasi dengan kesiapsiagaan ini akan bisa mengurangi risiko. Utamanya risiko korban jiwa," terang Doni secara virtual melalui YouTube BNPB, di Jakarta, Selasa (20/10/2020).

Saat ini, menurut Doni, para pimpinan daerah sudah mulai melibatkan sejumlah pihak dalam antisipasi adanya potensi bencana di wilayahnya. Salah satunya terdapat informasi tanggap darurat untuk warga yang tinggal di sepanjang sungai ataupun di lereng gunung dengan kemiringan curam.

Lebih jauh Doni menjelaskan, kesiapsiagaan diyakini dapat meminimalisir korban jiwa ketika bencana datang. Harus diakui, La Nina, banjir, banjir bandang dan longsor, seringkali menghantui masyarakat.

“Peringatan yang disampaikan oleh BPBD kepada daerah-daerah atau pemukiman yang berada di lereng-lereng bukit atau lereng gunung, yang mana kemiringannya lebih dari 30 derajat untuk kita evaluasi kan sementara,” ujarnya.

“Ketika terjadi longsor maka rumah mereka mungkin akan tertimbun tetapi manusianya akan bisa selamat," urainya melanjutkan.

Diberitakan sebelumnya, BMKG memberikan imbauan peningkatan kewaspadaan masyarakat, terkait potensi cuaca ekstrem dalam waktu sepekan mendatang.(BNPB/Fer)

BERITA TERKAIT