test

News

Senin, 15 November 2021 09:07 WIB

Kemenkes Minta Daerah Tak Kendorkan Testing dan Tracing

Editor: Hadi Ismanto

Karo Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi. (Foto: PMJ News/YouTube Kemenkes RI)

PMJ NEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan daerah tidak mengendorkan testing dan tracing meski kasus Covid-19 di wilayahnya sudah menurun.

Juru Bicara Pemerintah Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan kecenderungannya semua pihak merasa aman jika kasus Covid-19 sudah menurun dan mengendorkan testing dan tracing.

"Terkait dengan tracing dan testing, karena biasanya kasus sudh sedikit, masyarakat juga merasa sudah tenang, aman, kemudian testing jadi turun, ini yang kita tidak mau," ungkap Nadia seperti disiarkan di Kanal Youtube Kemenkominfo, Minggu (14/11/2021).

Untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19 di Indonesia, kata Nadia, meningkatkan deteksi melalui testing dan tracing. Selain itu, menerapkan protokol kesehatan, pemeriksaan genome sequencing, menyiapkan pengobatan, dan vaksinasi Covid-19.

Karena itu, Nadia mengajak masyarakat untuk terbiasa melakukan perubahan perilaku dengan menerapkan upaya pengendalian Covid-19 tersebut.

"Bagaimana perubahan perilaku protokol kesehatan, perubahan perilaku adalah kita tetap konsisten untuk prokotol kesehatan," ujarnya.

Ia mengingatkan, terus bermutasinya virus Covid-9 harus diikuti dengan perubahan perilaku masyarakat. Hal ini untuk mencegah terjadinya mutasi kasus yang berpotensi meningkatkan penularan Covid-19.

"Virusnya aja berubah, masa iya kita tidak berubah perilaku kita untuk menghadapi dia, ini yang selalu kita sampaikan," tukasnya.

BERITA TERKAIT