test

Regional

Kamis, 28 Oktober 2021 16:35 WIB

Hujan Intesitas Tinggi, Puluhan Rumah di Garut Terendam Banjir

Editor: Ferro Maulana

Banjir di Garut Jawa Barat. (Foto: Dok Net/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Kurang lebih 31 rumah warga di Kecamatan Pamengpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terendam banjir. Tinggi muka air sekira 30 sampai dengan 50 sentimeter.

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menuturkan, ada 26 kepala keluarga terdampak banjir itu.

Adapun lima kepala keluarga, antara lain, mengungsi ke tempat yang lebih aman. Data tersebut berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut.

"BPBD Kabupaten Garut terus melakukan langkah penanganan dengan berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Pamengpeuk guna memonitoring perkembangan kondisi banjir,” ujar Abdul Muhari kepada wartawan, Kamis (28/10/2021).  

“Kita mengerahkan tim gabungan dan relawan untuk melakukan langkah-langkah antisipasi banjir susulan," jelasnya, Kamis (28/10/2021).

BPBD Kabupaten Garut juga melaporkan, banjir yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi sehingga Sungai Cipalebuh yang berada di Kecamatan Pamengpeuk meluap pada Rabu (27/10/2021) sore.

Diberitakan sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Jawa Barat berpotensi terjadi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari mulai 28-29 Oktober 2021.

 

BERITA TERKAIT